Sabtu, 26 Agustus, 2017 7:30 pm

​Maryono Terpilih Secara Aklamasi Pimpin PMB, Ini Tantangannya

RiauKepri.com, BATAM — Seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya, H Maryono S.Ag terpilih secara aklamasi untuk memimpin Persatuan Mubaligh Batam (PMB) untuk periode tiga tahun ke depan. Ia menggantikan Zulkarnaen Umar, yang telah menakhodai PMB ini selama dua periode.

 

Maryono terpilih dalam Musyawarah Besar (Mubes) ke-7 PMB, Sabtu (25/08/2017), di Lantai 4 Kantor Walikota Batam, setelah seluruh kecamatan hanya memunculkan namanya. Ia berpaket dengan Suyono sebagai sekretaris lembaga para mubaligh Batam itu.

 

Dibuka secara resmi oleh Kabag Kesra, Samudin, mewakili Walikota Batam, Mubes ke-7 berakhir menjelang magrib. Selain para pengurus PMB periode sebelumnya, Mubes dihadiri utusan seluruh 12 kecamatan dan kelurahan, yang semuanya berjumlah sekitar 185 orang.

Baca juga :  Uniknya Upacara Peringat Sumpah Pemuda Siak

 

Sudirman Dianto didaulat untuk memimpin sidang dalam Mubes tersebut. Isu krusial yang muncul antara lain terkait dengan pelaksanaan dakwah di pulau-pulau atau kawasan hinterland dinilai perlu lebih dimaksimalkan.

 

Terkait dengan itu, dakwah hendaknya tidak melulu dari mimbar ke mimbar saja. Yang juga tak kalah penting adalah, para mubaligh diharapkan mampu menyentuh kehidupan masyarakat secara langsung dalam bidang keagamaan.

Baca juga :  Azizie Orang yang Paling Dicari Polres Bengkalis, Apa Pasal?

 

Semua itu tetap menjadi tantangan PMB, ditambah dengan terbatasnya jumlah mubaligh yang ada saat ini. Ke depan sangat diharapkan seluruh masjid dan mushala tidak mengalami kekosongan mubaligh.

 

Saat ini, kata Sudirman, jumlah masjid dan mushala di Batam sebanyak 1164 unit. Sedangkan jumlah mubaligh sekitar 900 orang, yang 700 di antaranya sudah disertifikasi.

 

“Jadi, memang belum paralel antara jumlah masjid/ mushala dengan jumlah mubalig,” ujar Sudirman, yang juga Sekretaris DMI (Dewan Masjid Indonesia) Batam.

  • Risatnum