Senin, 14 Agustus, 2017 11:32 pm

10 Media Cetak Lolos Verifikasi Faktual SPS Riau

RiauKepri.com, PEKANBARU — Hasil rapat pleno tim verifikasi Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Riau, Senin (14/8) memutuskan sebanyak 10 media cetak dinyatakan lolos verifikasi faktual. Selanjutnya berkas verifikasi ini akan dikirim ke Dewan Pers lewat SPS Pusat di Jakarta untuk dilakukan penilaian akhir, dalam waktu dekat.
Sementara jumlah media cetak yang sudah diverifikasi faktual oleh tim, selama dua pekan lalu, sebanyak 16 surat kabar di Riau, terdiri dari harian, mingguan dan tabloid.
“Ada 16 media cetak di riau yang sudah kita verifikasi faktual. Dari jumlah itu 10 diantaranya melengkapi dan mengembalikan semua berkas yang disyaratkan, ke SPS Riau. Hari ini (kemarin, red) tim sudah melaksanakan rapat pleno, dan semua media ini kita nyatakan lolos verifikasi faktual. Sedangkan 6 media cetak lagi belum kita loloskan, karena ada berkas yang tidak lengkap,” kata Ketua tim verifikasi media SPS Riau Saidul Tombang, usai pleno.
Dijelaskan Saidul, yang didampingi tim verifikasi Maskur, khairul Amri dan Oberlin Marbun, ini adalah verifikasi faktual tahap I.
“Verfikasi tahap I sudah 16 media selesai. Nah, 6 media yang belum lolos bisa melengkapi dan mengembalikan berkasnya segera. Nanti bisa kita plenokan lagi. Menyusul verifikasi faktual tahap II dalam waktu dekat,” jelas Saidul, sambil menyebutkan bahwa tim akan menuntaskan kerjanya di verifikasi tahap I ini dalam pekan ini.
Ditanya, media cetak apa saja yang dinyatakan lolos verifikasi faktual itu? 10 media tersebut, kata Saidul, adalah Pekanbaru Pos, Posmetro Mandau, Posmetro Rohil, Posmetro Indragiri, Pekanbaru MX, Rakyat Riau, Metro Riau, Koran Riau, Inforiau dan Tabloid Intermezo.
Mengenai prosedur kerja tim verifikasi media SPS Riau, Saidul menjelaskan, bahwa ini sesuai dengan surat tugas dari SPS Pusat yang ditindaklanjuti dengan surat tugas dari SPS Riau kepada tim verifikasi media yang sudah dibentuk. Dan, sesuai mandat maka tim untuk saat ini mempriotlritaskan terlebih dahulu verifikasi faktual bagi media cetak.
“Untuk saat ini tim verifikasi fokus ke media cetak dulu, baik harian, mingguan, atau tabloid. Sedangkan online belum kita verifikasi. Itu sesuai surat tugas dan mandat dari SPS Pusat dan ditindaklanjuti dengan surat tugas dari Ketua SPS Riau kepada tim verifikasi,” kata Saidul, sambil memperlihatkan surat tugas tim verifikasi.
Sementara itu, Ketua SPS Riau H Zulmansyah Sekedang sangat mengapresiasi kerja tim verifikasi. Ia berterima kasih tim sudah bekerja sesuai target yang ditetapkan. Ia meminta hasil pleno tim tersebut segera diserahkan ke Jakarta. Mudah-mudahan SPS Pusat bisa pula segera mengeluarkan surat keputusan lolos verifikasi kepada 10 media tersebut.(RK/Rls)
Baca juga :  Dua Tersangka Pengedar 4,5 Kg Ganja dan 55 Gram Sabu Dibekuk