Selasa, 22 Agustus, 2017 4:44 pm

11 Karya Budaya Riau Sah Jadi WBTB Indonesia 2017

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG — Sebanyak 11 karya budaya dari Provinsi Riau ditetapkan jadi warisan budaya takbenda (WBTB) Indonesia 2017. Karya budaya itu adalah tunjuk ajar Melayu, sijobang buwong gasiong, silat perisai, zapin api, zapin meskom, manongkah (menongkah), perahu baganduang, batobo, rumah lontiok, selembayung Riau dan Onduo Rokan.

Sidang penetapan dipimpin Ketua Tim Ahli WBTB Indonesia, Pudentia, Selasa (22/8) di Jakarta. Saat ketuk palu penetapan karya budaya jadi WBTB Indonesia 2017 ini, dari Riau hadir Kadis Kebudayaan Riau, Yoserizal, didampingi Kepala BPNB Kepri, Toto Sucipto.

Baca juga :  Bupati Bintan Akan Panggil Kontraktor Pembangunan Dermaga Dakomas

Hasil tahun 2017 ini meningkat dibandingkan tahun 2016. Tahun 2016, ada enam WBTB yang mendapatkan sertifikat tersebut adalah Calempong Oguong, dari Kabupaten Kampar, Badewo, dari Bonai Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Pengobatan tradisional Nyanyian Panjang, dari Kabupaten Pelalawan. Randai Kuantan, dari kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Debus, dari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Dan Joget Sonde, dari Kabupaten Kepulauan Meranti.(RK/DED)