Sabtu, 26 Agustus, 2017 2:09 pm

11 Putra Putri Asal Meranti Raih Cumlaude di UGM

RiauKepri.com, YOGYAKARTA — Bupati Kepulauan Meranti, Irwan melakukan serah terima 29 orang wisudawan dan wisudawati asli Meranti yang kuliah di Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada Program Studi Ekonomika Terapan Kosentrasi Keuangan Daerah, Bertempat di Ballroom Hotel Haper, Yogyakarta, belum lama ini.

 

Turut hadir Ketua DPRD Meranti, Fauzy Hasan, Kepala Dinas Pendidikan, Rosdaner, Dekan SV UGM Wikan Sakarinto, S.T, M. Sc, PhD, Ketua Departemen Ekonomika dan Bisnis, Ike Yuli Andjani dra MSi dan perwakilan orang tua wisudawan wisudawati.

 

Serah terima 29 wisudawan dan wisudwati asli Meranti ini setelah dinyatakan lulus dan diwisuda pada Departemen Ekonomi dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, Program Study Ekonomika Terapan Konsentrasi Keuangan Daerah selama kurang lebih 3 tahun. Yang dibiayai sepenuhnya oleh Pemkab Kepulauan Meranti melalui Dinas Pendidikan yang didukung oleh DPRD Kepulauan Meranti.

 

Hebatnya lagi, berkat kerja keras dan keseriusaan putra putri Meranti yang mengikuti program ini, dari 29 orang yang lulus, 11 diantaranya meraih predikat Cumlaude dengan rata-rata IPK 3.35.

 

Prestasi ini mendapat apresiasi langsung dari Irwan yang menghadiri langsung serah terima putra-putri terbaik harapan Meranti tersebut antara UGM Ygyakarta dan Pemkab Kepulauan Meranti.

 

“Selamat kepada 29 orang anak kita yang telah menjadi sarjana dan bisa selesai dengan baik. Saya sangat merasa bangga karena saya ingat tiga tahun yang lalu kita mengantarkan anak-anak kita dengan kondisi yang biasa-biasa saja sekarang sudah menjadi anak-anak yang luar biasa sehingga 11 orang diantaranya bisa meraih nilai Cumlaude,” ujar Bupati Irwan bersama Ketua DPRD, Fauzy Hasan.

Baca juga :  Program Seragam Sekolah Gratis Terasa Manfaatnya, Bupati Apri Janji Terus Lanjutkan

 

Ucapan terima juga disampaikan kepada pihak UGM yang telah mendidik sehingga berhasil lulus di salah satu Universitas terbaik di Indonesia.

 

Program studi vokasi kerjasama Pemkab Meranti dan UGM ini merupakan kesempatan luar biasa yang diberikan kepada putra putri Meranti. Karena kesempatan ini belum tentu dapat dilakukan lagi pada tahun-tahun berikutnya. Apalagi akibat terjadi rasionalisasi anggaran APBD yang cukup besar dampak dari semakin kecilnya DBH Migas yang diterima Meranti.

 

“Ini semua adalah rezeki dari anak-anak kami karena program yang sama belum tentu bisa kita dapatkan pada tahun berikutnya. Apalagi dengan banyaknya pemangkasan anggaran APBD kita yang sebelumnya Rp1,6 triliun sekarang hanya tingan Rp1 triliun sekian saja,” papar Bupati.

 

Meski begitu, Pemkab Meranti tetap berupaya menguliahkan putra-putri Meranti, yakni dengan memberikan beasiswa kepada 20 orang hasil seleksi terbaik, pada program Diploma I di Batam Turisme Polytecnic (BTP).

 

“Tahun ini kita hanya mampu memberikan beasiswa kepada 20 orang yang akan menjalani perkuliahan Diploma I di BTP Batam,” ucap Bupati.

 

Sejak beberapa tahun terakhir Pemkab Meranti telah memberikan beasiswa kepada 120 orang putra-putri Meranti, di antaranya 30 orang di Institute Teknologi Bogor (ITB) yang saat ini sudah berhasil menjadi tenaga penyuluh pertanian di Meranti. 30 orang di Politeknik Bandung dan sudah bekerja sebagai pegawai kontrak di Dinas PU Meranti. 30 orang di UNRI.

Baca juga :  Tumbuhkembangkan Kreatifitas, Bintan Radio Gelar Senam Sehat dan Lomba Mewarnai

 

Sementara itu, Helmi Sari yang mewakili seruluh orang tua para wisudawan dan Wisudawati menucapkan ribuan terimakasih kepada Bupati Kepulauan Meranti Irwan dan pemerintah daerah yang telah memberikan kesempatan emas kepada putra-putri mereka.

 

“Terima kasih kepada Pemkab Kepulauan Meranti terutama Bupati Bapak Irwan Nasir yang telah memberikan kesempatan kepada para putra-putri kami, kami harap program serupa tetap dilanjutkan agar anak-anak kami lainnya di kampung dapat kesempatan serupa,” ucap Helmi Sari.

 

Dari pihak Universitas UGM Yogyakarta, Dekan SV UGM Wikan Sakarinto, S.T, M. Sc, PhD, mengatakan, dengan di wisudanya putra-outri Meranti di UGM, nantinya mampu menjadi anak-anak yang bisa membangun diri dengan bekal yang telah didapatkan.

 

“Lulusnya putra-putri Meranti ini jujur karena di UGM kualitas yang kami utamakan, setelah kembali nanti jangan lupakan kami, jangan dijadikan kami sebagai mantan guru karna tidak ada katanya mantan guru, semoga anak-anak kami mampu membangun Meranti lebih baik,” paparnya.

Inilah Mahasiswa Meranti yang meraih predikat Cumlaude di UGM:

  1. Mar’atul Azkiah
  2. Rismanidar
  3. Rafidah Balqis
  4. Neti Herawati
  5. Heny Rahmatullah
  6. Risna Deswita Sari
  7. Dini Destiana
  8. Desta Afriyani
  9. Nike Karella
  10. Nita Putri Ana
  11. Nila Septiana Wahyuni
  • RK/Hms