Rabu, 26 Juli, 2017 8:34 am

150 Ibu-ibu Dilatih Usaha Kuliner dan Mendapat Alat Pembuat Kue

Haji Muhammad Rudi pada acara pelatihan kuliner

RiauKepri.com, BATAM — Sebanyak 150 perempuan di Kota Batam menerima bantuan alat membuat kue seperti oven, kompor, dan mixer. Alat memasak ini diberikan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (BP3AP2KB) Kota Batam.

Selain bantuan alat masak, ibu-ibu ini juga diberi pelatihan pemberdayaan ekonomi produktif melalui usaha kuliner, yang berlangsung 25 Juli-9 Agustus. “Pelatihan kuliner ini diikuti 150 orang dari 50 kelompok usaha bersama (Kube). Tiap Kube dapat bantuan peralatan kuliner lengkap,” kata Kepala BP3AP2KB Kota Batam, Umiyati, di Lytech Home Centre, Bengkong, Selasa (25/7).
Kegiatan yang sudah berlangsung sejak 2012 lalu ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan usaha ekonomi produktif dan meningkatkan kapasitas perempuan yang tergolong rumah tangga miskin agar dapat menunjang kesejahteraan keluarga. Penerima bantuan merupakan masyarakat kurang mampu yang mendapat program rehabilitasi rumah tidak layak huni.
Pelatihan ini diisi oleh isteri Walikota Batam, Marlin Agustina Rudi, dengan tema makanan sehat. Tampil juga praktisi usaha kuliner Batam memberikan pelatihannya. Peserta juga dilatih tentang pengemasan dan pemasaran produk.
Walikota Batam Muhammad Rudi, mengatakan saat ini pemerintah tengah mengembangkan sektor pariwisata. Oleh karena itu, peran semua pihak, termasuk ibu-ibu Kota Batam sangat diperlukan untuk mendukung hal tersebut.
“Momentum ini ibu ambil, ikuti pelatihan dengan baik. Akan ramai yang datang ke Batam, bukan cari kerja lagi, tapi habiskan uangnya di sini untuk jalan-jalan. Kalau ke sini untuk jalan-jalan, apa yang mau mereka beli. Peluang untuk ibu-ibu buka usaha oleh-oleh,” kata Walikota. (MCPKB/RK-5)
Baca juga :  Di Masjid At Taqwa Jakarta, Ini yang Dibicarakan AHY dengan Syamsuar