Selasa, 22 Agustus, 2017 10:39 am

23 Karya Budaya dari Riau, Kepri, Babel dan Jambi Disidangkan

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG — Sebanyak 23 karya budaya di wilayah kerja Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepri, yakni Kepri, Riau, Jambi dan Bangka Belitung disidangkan dalam sidang penetapan warisan budaya takbenda (WBTB) 2017 di Hotel Milenium, Jakarta, 21-24 Agustus. Perinciannya: Kepri 2 karya budaya, Riau 11 karya budaya, Babel 2 karya budaya dan Jambi 8 karya budaya.

Koordinator WBTB BPNB Kepri, Hendri Purnomo mengatakan, ada banyak karya budaya yang disidangkan dari seluruh Indonesia dan 23 karya budaya diantaranya dari wilayah BPNB Kepri. Meski pun 23 karya budaya itu lolos untuk disidangkan, namun bukan berarti 100 persen akan ditetapkan.

Baca juga :  Mabuk Tuak, Pelajar di Rohul "Digilir" Empat Temannya

“Semuanya tergantung hasil sidang yang dilakukan,” kata Hendri via telepon dari Jakarta.

Hendri menyebutkan, total ada 23 karya budaya dari empat provinsi yang lolos untuk disidangkan. Dari Kepri, ada bejenjang dan tari inai. Dari Riau, ada 11 karya budaya, babel 2 karya budaya dan Jambi 8 karya budaya.

“Harapannya semuanya lolos,” ujarnya.

Ia menyebutkan, acara sidang penetapan WBTB dibuka Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Kemdikbud, Najamuddin Ramly. Saat acara pembukaan ada tari persembahan sekapur sirih Sanggar TMII (Riau). Selain Hendri, perwakilan empat provinsi juga hadir.

Baca juga :  Pembangunan Citra Aerolink Batam Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Dari Kepri, hadir Syahrial (Disbud Kepri), Yoserizal (Riau), H Lukman dan Emma (Jambi), Adi Guna dan Yuyun (Bangka Belitung).

Total ada 88 orang undangan dalam sidang penetapan ini. Termasuk diantaranya Dirjen Kebudayaan dan kepala BPNB se-Indonesia.(RK/DED)