Senin, 4 September, 2017 10:28 pm

Anggota PKK Kepri Diminta Jangan Duduk Manis atau Hanya “Bermake Up” Tebal

RiauKepri.com, BINTAN — Gubernur Kepri, Nurdin Basirun bercocok tanam diatas lahan seluas 1 hektare yang disediakan untuk TP-PKK Provinsi Kepri, Senin (4/9) di UPTD balai benih induk pertanian dan kesehatan hewan di jalan Raya Tembeling, Kelurahan Toapaya Asri, Kabupaten Bintan.

Gubernur sebagai pembina PKK Kepri didampingi penasehat TP PKK Kepri Hj. Noor Lizah menanami berbagai jenis tanaman. Sebelum memulai penanaman, Gubernur sempat singgah di pasar mini yang menjual berbagai hasil panen tepat di gang masuk lokasi lahan PKK.

Dia membeli beberapa sisir pisang, kangkung, keladi dan bengkuang. Nurdin mengatakan jika potensi yang ada dilahan tersebut sangat besar, apalagi dikelola dengan baik dan berkesinambungan. Bisa jadi kedepan di Tembeling ini dijadikan agro wisata.

Baca juga :  SMRS Pahlawan Nasional, Motivasi Bangkitkan Kejayaan Bahari

“Tanah disini sangat subur apalagi ditunjang dengan pupuk kompos dari kotoran sapi yang dikelola sangat baik disini. Oleh karna itu perlu dukungan dari semua pihak agar eksistensi perkebunan disini dapat terus berjalan,” ujarnya.

Dilanjutkan gubernur, agar program menjadikan kawasan Tembeling ini sebagai agro wisata benar-benar terlaksana perlu dukungan dari berbagai pihak. Peran PKK dalam hal ini juga signifikan, terutama dalam mewujudkan salah satu programnya yakni program sandang pangan keluarga.

Sebanyak 32 jenis tanaman yang ditanam oleh TP PKK seperti pandan wangi, jahe merah, jeruk purut, temulawak, selasih, seledri, kumis kucing, kencur, sirih merah, gingseng dan masih banyak lagi. Lalu ditanami pula bibit bunga kol dan terong.

Anggota TP PKK Kepri foto bersama Gubernur Kepri. (F.Humprov)
Anggota TP PKK Kepri foto bersama Gubernur Kepri. (F.Humprov)

Dijelaskan Ketua TP PKK Kepri, Riawina, kedepan PKK akan membangun ternak ayam secara bertahap. Kemudian akan menernak sapi sentinel yang berada di lokasi ini, karena keduanya akan saling melengkapi. Kotoran sapi tersebut nantinya dapat berguna dijadikan pupuk untuk kesuburan tanaman.

Baca juga :  Azizie Orang yang Paling Dicari Polres Bengkalis, Apa Pasal?

Penasehat TP-PKK Hj. Noorlizah Nurdin berpesan agar Kesempatan yang ada saat ini jangan di sia-siakan. Selagi bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan di daerah dengan caranya sendiri, maka lakukanlah.

“Saya harap agar PKK Kepri dapat menjalankan dan mengembangkan program yang ada saat ini. Jangan hanya duduk manis dikantor atau ber make up tebal, tunjukan kepada masyarakat bahwa kita mampu memberikan kontribusi untuk daerah, membantu pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan,” ujar Noorlizah.(RK/Hms)