Senin, 19 Februari, 2018 1:51 pm

ASN, TNI, dan Polri di Meranti Nyatakan Netral di Pilgubri

RiauKepri.com, MERANTI– Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri melakukan komitmen bersama menjaga Netralitas pada prosesi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018, janji itu diikrarkan dalam Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional dan 17 Hari Bulan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat di Halaman Kantor Bupati Meranti, Senin (19/2/2018).

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Sekretaris Daerah Yulian Norwis SE MM, Ketua Komisi A DPRD Meranti Edi Masyudi, Perwakilan KPU Meranti, Panwaslu Meranti, Kasi Pidum Kejari Meranti Franky SH, Pabung Kodim Bengkalis, Ka. Polres Meranti AKBP. La Ode Proyek, Kandepag Meranti dan ASN lainnya.

Seluruh ASN, TNI, Polri di Kabupaten Kepulauan Meranti sepakat bertindak Netral dalam pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur yang dimulai Tahun 2018, komitmen itu diwujudkan melalui pengucapan ikrar dan penandatanganan Komitmen bersama Netralitas ASN, TNI dan Polri di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pembacaan Pakta Integritas dilakukan oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim diikuti oleh seluruh peserta upacara, ASN, TNI, Polri.

Adapun isi dari Pakta Integritas itu adalah setiap ASN, TNI dan Polri diwilayah Kabupaten Kepulauan Meranti menyatakan dengan tegas untuk tidak berpihak pada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018 dan menjaga netralitas sebagai aparatur sipil negara, TNI dan Polri pada Pilgubri tahun 2018.

Baca juga :  Dipimpin Wakapolri, 10 Ribu Orang Hadiri Apel Kesetian NKRI NU Riau

ASN, TNI dan Polri akan menjaga dan mendukung pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Riau Tahun 2018 yang langsung umum bebas rahasia jujur dan adil. Serta menjunjung tinggi sportifitas dan kompetisi yang sehat dalam pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018.

Lebih jauh dijelaskan Wakil Bupati H. Said Hasyim, dengan telah ditandatanganinya Pakta Integritas Netralitas ASN dalam Pilgubri kali ini, Ia mengingatkan kepada ASN untuk tidak mempengaruhi masyarakat untuk mendukung salah satu calon.

“Serahkan semua kepada masyarakat untuk memilih sesuai dengan hati nurani, masyarakat saat ini sudah cerdas dan tahu siapa yang harus dipilih berdasarkan visi dan misi serta program yang disampaikan masing-masing calon,” papar Wakil Bupati.

Ia juga meminta, kepada ASN yang terlibat di TPS untuk senantiasa membantu KPU dan Panwaslu jangan melibatkan diri untuk hal yang dilarang UU. Sementara kepada masyarakat yang memiliki hak pilih disarankan untuk menggunakan haknya sehingga partisipasi pemilih di Kabupaten Kepulauan Meranti mencapai 100 persen.

Baca juga :  Personil Polresta Pekanbaru Laksanakan Giat Binrohtal Ceramah Agama 

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim juga mengingatkan kepada seluruh ASN dan Honorer dilingkungan Pemkab. Meranri khususnya yang berhubungan langsung dengan pelayanan Kesehatan dan lainnya untuk memberikan pelayanan terbaik dan bekerja dengan jujur dan ikhlas serta tidak melanggar aturan, sehingga apa yang menjadi tujuan dalam meningkatkan keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

Selain itu pula untuk mengantisipasi terjadi Kebakatan Hutan dan Lahan (Karlahut) diwilayah Kepulauan Meranti saat musim kemarau ini, Wakil Bupati mengingatkan kepada ASN dan masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar karena dapat memicu terjadinya Karlahut. Ia berharap tidak ada ASN yang terlibat masalah hukum, “Jangan sampai ASN ada yang terjerat hukum karena membakar lahan, mari kita waspada,” pungkas Wakil Bupati. (RK6/rls).