Kamis, 1 Maret, 2018 2:41 pm

Bappeda Bengkalis Ikuti Rapat Persiapan MoU Produk Unggulan Desa di Kemendes RI

RiauKepri.com, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang diwakili oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengikuti Rapat Persiapan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) produk unggulan kawasan pedesaan (Prukades) Rabu (28/2/2018) lalu.

Rapat persiapan tersebut bertempat di Balai  Makarti Kementerian Desa, IDT dan Transmigrasi (Kemendestran)  RI di Jakarta.

Kepala Bappeda Bengkalis yang diwakili Kepala Bidang Ekonomi Muhammad Firdaus kepada media ini menjelaskan bahwa Progran Prukades yang diluncurkan itu adalah bagian dari upaya pemerintah untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat di pedesaan.

“Dari pertemuan tersebut Kabupaten Bengkalis mengusulkan ada 4 Produk unggulan yang akan mendapat pendampingan kementerian dan mitra usaha, yaitu produk padi, kelapa sawit, perkebunan karet dan budi daya tambak udang.” ungkap Firdaus,  Kamis (1/3/2018).

Baca juga :  Dukung Syamsuar, Tokoh Masyarakat Ini Pertaruhkan Harga Diri

Dikatakannya masing – masing Prukades tersebut akan ditunjuk mitra usahanya oleh kementerian. Sebagai tindak lanjut pertemuan ini, akan dilakukan MoU antara Kementerian Desa, IDT dan Transmigrasi, Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan Mitra Usaha yang ditunjuk.

“Direncanakan MoU itu akan dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2018 bertempat di Jakarta Convention Centre dan akan di hadiri langsung oleh Presiden Jokowi. Sebagaimana yang disampaikan Menteri Eko kemarin,  bahwa program Prukades adalah model yang dapat menguntungkan pihak petani maupun swasta. Masyarakat dapat berperan sebagai pelaku proses produksi, sedangkan swasta hanya berlaku sebagai off taker, rantai pemasaran, dan rantai input produksi.” Jelasnya.

Baca juga :  Pemuda Pancasila Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Sungaipakning

Menurut Firdaus sudah ada beberapa mitra usaha yang siap melakukan pendampingan produk unggulan untuk pedesaan di Bengkalis.

“Dari hasil pertemuan sdh ada pernyataan beberapa mitra usaha yang akan melakukan pendampingan produk unggulan yang kita usulkab seperti PT. Sinar Mas untuk Kelapa Sawit, PT. Brigestone untuk Perkebunan Karet, PT. Aruna JawaNusantara untuk Budi Daya Tambak Udang, dan PT.  Benstone Cipta Kreasi untuk pendampingan padi,” tutur Firdaus yang juga bendahara Persaudaraan Kempo Seluruh Indonesia (PERKEMI) Kabupaten Bengkalis ini. (RK4)