Selasa, 1 Agustus, 2017 9:57 am

Bawa Program Riau Bebas Sampah, Gadis Asal Bengkalis Ini Menang di Miss Earth Indonesia 2017

Rita Nurmaliza

RiauKepri.com, BENGKALIS – Rita Nurmaliza, itulah nama putri asal Desa Air Putih, Bengkalis, yang telah mengharumkan nama Provinsi Riau di tingkat nasional lewat ajang bergengsi kontes kecantikan Miss Earth Indonesia 2017.

Rita Nurmaliza yang alumni SMAN 2 Bengkalis dan Poltek Bengkalis jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Bisnis ini mengaku mengikuti kontes kecantikan tajaan Yayasan El John ini lewat online.
“Kemarin ada audisi Miss Indonesia di Pekanbaru, Riau melalui online, Rita coba ikuti, dan Alhamdulillah menang. Akhirnya mewakili Riau ke tingkat nasional di Jakarta,” tutur Rita Nurmaliza, Senin (31/7/2017).
Menurut Rita Nurmaliza, Miss Earth Indonesia lebih ke arah lingkungan. Berbagai macam ajang kontes kecantikan, ada Putri Indonesia, Miss Indonesia, ada Miss Earth Indonesia, dan ada Putri Pariwisata.
Rita Nurmaliza yang sekarang kuliah di Universitas Islam Riau, Jurusan Bahasa Inggris ini mengaku bahwa motivasi awal ikut acara ini disebabkan dirinya sangat mencitai cinta. “Seterusnya ingin jadi panutan, suaranya didengar orang,” kata remaja yang pernah juara Bujang Dara 2013 Kabupaten Bengkalis, dan Duta Wisata Pulau Rupat ini.
Walaupun event kontes kecantikan tingkat propinsi belum pernah diikuti, tapi perjuangan dan do’anya akhirnya mengantar gadis yang murah senyum ini langsung ke nasional.
“Tingkat kerumitan dalam Miss Indonesia itu harus punya public speaking yang bagus, harus pintar ngomong tidak cuma cantik tapi kecerdasan itu sangat diperhatikan,” ujar Rita lagi.
Di Kontes Miss Earth Indonesia 2017 lima jawara diraih berurut juara 1 dari Jogyakarta yang menyandang gelar Miss Earth Indonesia Fire (api, red) 2017, juara II dari Sulawesi Utara bergelar Miss Earth Indonesia Air (udara) 2017, juara III dari Jakarta dengan gelar Miss Earth Indonesia Water (air) 2017, dan Rita Nurmaliza juara IV menyandang gelar Miss Earth Indonesia Fire 2017, dan terakhir dari Kalimantan menyandang gelar Miss Earth Indonesia Eco Tourism 2017 ini diharuskan punya program.
“Kalau program Rita sendiri Riau Bebas Sampah. Program ini lebih kepada sosialisasi ke sekolah-sekolah SD, SMP, dan SMA. Kemarin Rita sudah mulai ke SD di Jangkang, dan SD Wonosari melakukan sosialisasi ke adik-adik bagaimana menjaga dan merawat lingkungan, melestarikan alam, serta bagaimana menerapkan eko lestari sehari-hari. Rencananya, program ini akan disampaikan ke 10 sekolah. 11 Agustus Rita sudah pindah ke Jakarta, jadi program ini harus selesai dalam waktu yang singkat ini. Sehari diusahakan 2 sekolah untuk mengejar target tadi,” tambahnya lagi.
Pindahnya Rita bersama 4 pemenang Miss Earth Indonesia ini untuk mengerjakan tugas dan mengabdi, “Karena sudah memegang selempang Miss Earth Indonesia tadi. Kemudian, kami berlima akan dipersiapkan untuk dikirim ke tingkat internasional.
Lajang anak pertama dari Bapak Alizar dan Ibuk Nurseha dua bersaudara ini sempat kesulitan mendapatkan dana untuk menuju ke tingkat nasional. “Rita sempat ingin menghadap Bupati (Bengkalis) mohon suport dan do’a restu dengan silaturahmi tetapi tidak ketemu. Sempat juga berusaha menjumpai Pak Sekda (Bengkalis) dan Pak Wakil Bupati (Bengkalis) tapi gagal juga. Jadi dana yang Rita dapatkan itu dari pihak swasta dan donatur (Ibuk Bupati, Kabag Kesra, DPD KNPI, dan beberapa pejabat di Bengkalis) ada yang membantu,” kenang Rita pula.
Kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan Provinsi, Rita berharap ke depannya ada jalan bagi generasi muda yang mau ikut kontes seperti ini bisa didukung dan disuport karena ini termasuk kompetisi bergengsi di Indonesia. Bagi remaja Bengkalis dengan adanya Rita Nurmaliza (pemenang Miss Earth Indonesia) bisa menjadi motivasi untuk ikut kompetisi seperti ini.
Rita Nurmaliza mohon do’a restu dari masyarakat Riau, Bengkalis khususnya, mudah-mudahan Rita bisa mengemban tugas dengan baik, jujur dan amanah menjalankan peran. Kalau Rita dikirimkan ke internasional semoga menjadi dan mendapatkan yang terbaik,” tutup Rita Nurmaliza yang bercita-cita menjadi pengusaha mengikuti orang tuanya. Sebetulnya, selesai pendidikan S1nya, Rita Nurmaliza yang anak pertama dari dua bersaudara ini mengajar menjadi seorang guru. (RKB)
Baca juga :  Ini Rangkaian Pelantikan DPD Demokrat Riau, Moh Lah Ikut