Jumat, 18 Agustus, 2017 5:30 am

Belasan Tewas, Lebih 50 Cedera dalam Serangan Teroris di Barca

RiauKepri.com, BARCELONA – Setidaknya 13 orang tewas dan lebih 50 lainnya mengalami luka dalam serangan teroris di Kota Barcelona, Kamis sore. Serangan terjadi pada sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Seorang pria, yang digambarkan berbadan langsing dan berusia pertengahan 20 tahunan, mengendarai mobil van putih dengan kecepatan tinggi sepanjang beberapa ratus meter ke arah Las Ramblas, berusaha menabrak sebanyak mungkin orang.

Las Ramblas adalah suatu daerah terkenal di Barcelona yang dikunjungi banyak wisatawan. Karena itu cukup beralasan jika Kepolisian Spanyol menggambarkan insiden tersebut sebagai serangan teror dan membenarkan bahwa mereka telah menahan seorang pria yang terkait dengan serangan itu

Tak lama kemudian, ISIS menyatakan sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan penabrakan mobil van ke arah kerumunan orang di Kota Barcelona. “Para pelaku serangan Barcelona adalah tentara-tentara ISIS dan (mereka) melaksanakan operasi untuk mengincar negara-negara koalisi,” kata kantor berita milik kelompok itu, Amaq.

Amaq mengacu negara koalisi sebagai persekutuan negara-negara yang dipimpin Amerika Serikat untuk melawan kelompok militan tersebut.

Sementara itu Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengatakan, ia akan mengkoordinasikan upaya untuk memperketat pengamanan. Saat itu ia sedang berada dalam perjalanan menuju Barcelona.

“Koordinasi paling kuat untuk menangkap para penyerang, pengetatan pengamanan dan mendampingi mereka yang menjadi korban,” katanya. (Antara/RK-4)

Baca juga :  Bangsai, di Bukit Gema Kampar Tempat 5 Terduga Teroris Latihan