Jumat, 1 September, 2017 9:11 pm

Bengkel Dibakar OTK, Bentrok Dua Desa Nyaris Pecah di Rohul

RiauKepri.com, ROHUL– Bentrok antar dua desa di Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, nyaris saja terjadi. Pemicunya, sebuah bengkel dibakar Orang Tak Dikenal (OTK).

Kasus ini terjadi Kamis, 31 Agustus 2017, sekira pukul 14.10 WIB. Diketahui, usaha bengkel tersebut milik salah seorang warga Desa Rambah Tengah Hulu. Namun entah siapa yang menjadi batu api, warga Desa Menaming pula yang dituduh pelakunya.

Emosi warga antar desa ini memanas, merekan sudah berkumpul untuk saling serang, apalagi persoalan lama belum usai kini muncul masalah baru.

Untung saja polisi cepat bergerak dan berada di tangah dua kelompok ini. Kemudian dilakukan pertemuan guna mencari win win solution, mencegah konflik sosial.

Baca juga :  Siak Sosialisasi Kas Non Tunai Kepada Pengelola Keuangan

Mediasi itu dipimpin Kapolres Rokan Hulu, AKBP Yusup Rahmanto SIK dan jajarannya. Selain itu, tampak juga Kades Menaming, Firdaus Daulay, Kades Rambah Tengah Hulu, Zainal Abidin, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda kedua desa yang bersekenta.

Dalam pertemuan tersebut disepakati 13 point kesepatakan di antaranya: untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan Desa Menaming dan Desa Rambah Tengah Hulu, sehingga persoalan kedua desa tidak akan terjadi dikemudian hari.

Para tokoh dikedua desa menilai bahwa permasalahan antar desa ini disebabkan kurangnya jalinan komunikasi antara pemerintahan kedua desa, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda selama ini. Setiap terjadi permasalahan antar dua desa, pemerintah dan para tokoh merasa acuh tak acuh sehingga permasalahan sampai saat ini belum menemukan win-win solution.

Baca juga :  Sekda Buka Penyuluhan Bahaya Narkoba Pelajar SMU, 4 Anak Buahnya?

Para tokoh dan Kedua Kades mendukung langkah tegas dari pihak kepolisian. Untuk itu para tokoh meminta agar Bupati Rokan Hulu dapat turun tangan menyelesaikan permasalahan kedua desa.

Untuk memudahkan pemantauan situasi Kamtibmas di kedua desa, telah didirikan Pos Kamling/pos ronda yg berada di ujung masing-masing desa.

Warga Desa Menaming dibatasi untuk melewati Jalan Dusun Pawan Desa Rambah Tengah Hulu sampai pukul 22.00 WIB, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (hidayat)