Kamis, 17 Agustus, 2017 9:14 pm

Beri Remisi Kepada Warga Binaan, Syamsuar Upayakan Lahan Tambahan Lapas

RiauKepri.com, SIAK–Usai memimpin apel peringatan HUT ke ke 72 RI tahun 2017 di Lapangan

Usai menyerah remisi, Drs H Syamsuar MSi, menyapa warga binaan.

Tugu, Bupati Siak, Drs H Syamsuar Msi, kunjungi Rutan Siak guna pemberian remisi kepada warga binaan.

Kedatangan beliau didampingi Wakil Bupati Siak, Drs H Alfedri Msi, Kepala Rutan Siak,.Sugianto SH, Unsur Muspida dan Forkopimda.

Diawal sambutanya, Kepala Rutan Siak, Sugianto, menyampaikan ucapan syukur atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan Pemerintah Daerah Siak dalam berbagai hal untuk warga binaan dan lapas itu sendiri. Hal senada juga disampaikan kepada semua pihak yang bersama-sama dalam mendorong warga binaan agar menjadi insan yang lebih baik lagi, ketika masih di dalam Lapas ataupun nanti setelah keluar dari Lapas.

Sugianto membeberkan kondisi Rutan Siak yang memiliki kapasitas daya tampung sebanyak 128 orang namun, saat ini kondisinya over kapasitas karena ada  550 orang penghuni Lapas.

Baca juga :  Pesona Istana Siak Terpilih Sebagai Situs Sejarah Terpopuler

Sesuai dengan amanat undang-undang negara diharapkan dapat memberikan jaminan perlindungan dan hak azasi bagi warga binaan selama menjalani proses hukuman, sehingga hal ini perlu menjadi perhatian bagi semua pihak.

Selama di dalam Rutan warga binaan mendapatkan perhatian, bimbingan serta pembinaan sebagai bekal agar nantinya ketika berada di tengah masyarakat dapat menjalankan kehidupan bermasyarakat sebagai mana mestinya. Karena itu pihak Rutan Siak menjalin kerja sama dengan Kantor Kementrian Agama Siak.

Sementara itu, Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi, mengemukakan bahwa pemberian remisi di lembaga pemasyarakatan Siak pada moment peringatan hari kemerdekaan Indonesia diharapkan menjadi pedoman untuk semuanya, bahwa hari kemerdekaan bisa dimaknai tidak hanya bagi warga yang berada di tengah masyarakat saja tapi juga bagi warga binaan yang ada di dalam Lapas dengan cara pemberian remisi atau pengurangan masa tahanan.

Baca juga :  Di Sumatra Hanya Siak Menerima Anugerahan Dana Rakca Presiden

Syamsuar berharap agar semuanya kompak dan sejalan bahu-membahu bekerja bersama.
Syamsuar mengucapkan selamat kepada 187 orang warga binaan yang mendapat remisi, dan 8 di antaranya langsung bebas.

Menanggapi persoalan yang disampaikan Kepala Rutan Siak, Syamsuar berupaya semampu mungkin untuk mengatasi permasalahan over kapasitas, dan memaklumi kondisi tersebut. Kedepan Pemkab Siak mencoba untuk membantu mengakomodir persoalan tersebut melalui Kemkumham. (RK-1/*)