Kamis, 1 Maret, 2018 2:01 pm

BKD Se-Jawa Timur Rakor Kepegawaian Bahas Teknis Open Bidding di Batam

RiauKepri.com, BATAM- Badan Kepegawaian Kabupaten / Kota se- Provinsi Jawa Timur mengadakan rapat koordinasi di Aula Lantai IV Kantor Walikota Batam, Senin (26/2) lalu. Selain perangkat kepegawaian Jawa Timur, rakor ini juga dihadiri Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional XII Pekanbaru dan Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam.

Rakor yang dibuka Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin ini membahas mengenai lelang jabatan terbuka atau open bidding.

“Yang dibahas kemarin berkaitan dengan open bidding. Teknis open bidding menurut mereka masih perlu disosialisasikan sampai grass root,” kata Kepala BKPSDM Kota Batam, M. Syahir saat ditemui di Hotel Vista, Kamis (1/3).

Baca juga :  Besok, Mahasiswa Sastra Indonesia FIB Unilak Kupas Puisi Sukmawati "Ibu Indonesia"

Dijelaskanya, berdasarkan informasi dari BKN, masih banyak provinsi dan kabupaten/kota yang belum memenuhi kriteria. Adapun kriterianya sesuai dengan yang diamanahkan di PP 54 tahun 2010 tentang Kepegawaian.

Menurut Syahir, Pemerintah Kota Batam sudah menyesuaikan Peraturan Pemerintah tersebut dalam hal pengisian posisi pejabat. Hanya pendalamannya perlu dilakukan di teknis penilaian saat seleksi.

“Jadi ditambah teknis penilaiannya. Diperluas kriterianya, termasuk rekam jejak calon. Sehingga harus bisa hasilkan the right man on the right job (orang yang tepat di posisi tepat),” ujarnya.

Baca juga :  Syabas, Kampanye Syamsuar Malam Ini di Labuhbaru Unik

Sementara itu, Walikota Batam H. Muhammad Rudi mengaku belum fokus pada proses open bidding. Meski dalam waktu dua bulan posisi Kepala Dinas Pendidikan sudah kosong karena pensiun.

“Kalau kosong tinggal saya tunjuk Plt-nya (pelaksana tugas). Bisa siapa saja,”ungkapnya. (r/helmy)