Rabu, 9 Agustus, 2017 10:52 am

BPNB Kepri Taja Lomba Film Kebudayaan 2017

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG — Mengingat pentingnya sejarah peradaban dari masa ke masa, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepri menggelar lomba film kebudayaan. Kegiatan ini dihelat untuk pertama kalinya pada 2016 dengan nama Grafika atau Gelar Apresiasi Film Kebudayaan. Dan pada 2017, Grafika 2 mengusung tema “Caring for Malay Heritage”.
Lomba ini hadir kembali sebagai wadah untuk generasi muda dalam pergerakan mengapresiasi sejarah dan budaya Melayu di daerah yang masuk dalam wilayah kerja BPNB Kepri, yaitu: Riau, Jambi, Kepulauan Riau dan Bangka Belitung. Pun, diharapkan ini menjadi sebuah mediasi pengayaan BPNB Kepri akan data-data sejarah atau budaya lewat kemasan yang lebih popular.
Tujuan lain tak kalah pentingnya adalah mendorong rasa cinta dan kebanggaan terhadap nilai-nilai sejarah dan budaya Melayu dan nilai-nilai nasionalis daerah perbatasan. Serta menumbuhkembangkan minat generasi muda dalam pendokumentasian sejarah dan budaya Melayu.
Sebagaimana terlampir di web kebudayaan.kemdikbud.go.id, tema besar Grafika 2 adalah Caring for Malay Heritage (Peduli Terhadap Warisan Budaya Melayu) dengan sub ide kesenian, sejarah, peristiwa budaya/upacara adat atau situs budaya/sejarah.
Syarat untuk ikut lomba adalah Warga Negara Indonesia, di wilayah BPNB Kepri
(Kepulauan Riau, Riau, Jambi dan Bangka Belitung). Wajib menyertakan fotocopy Kartu Tanda Pengenal atau kartu pelajar/mahasiswa serta mengisi formulir dan surat pernyataan  yang bisa didownload di http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbkepri. Peserta boleh perorangan atau grup. Film yang dilombakan adalah film dokumenter yang belum diikutsertakan dalam lomba sejenis. Durasi minimal 10 menit dan maksimal 15 menit. Film dokumenter yang diikutkan lomba merupakan karya baru, orisinal, bukan hasil jiplakan atau mengambil sebagian hak cipta orang lain termasuk melalui chanel-chanel publikasi
Tiap peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 karya film dokumenter sesuai tema. Paling lambat diterima panitia tanggal 20 September 2017 dengan ditujukan ke:
Panitia Grafika 2 BPNB Kepri d.a Jln. Pramuka No. 7 Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Jangan lupa menyertakan sinopsis karya film (hard dan soft copy) maksimal 2 halaman A4.
Untuk pemenang, panitia menyiapkan hadiah Rp6 juta untuk juara pertama. Juara kedua dan seterusnya sampai harapan 3, juga aka mendapatkan uang tunai setelah dipotong pajak. 6 karya terbaik akan dipilih juri untuk menjadi finalis dan akan diundang menghadiri kegiatan penganugerahan Grafika 2 di Pekanbaru, Riau pada Oktober 2027.
Untuk info lebih lanjut, bisa mengklik werb kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbkepri.
Sekretariat Balai Pelestarian Nilai Budaya Kepulauan Riau Jl. Pramuka No. 7 Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau.(RK/BPNB)
Baca juga :  Kejari Pelalawan Ajak Kawal Perkara Benih Padi