Kamis, 17 Agustus, 2017 8:48 am

Bupati Ajak Warga Batam Asal Kampar Ikut Membangun Tanah Kelahiran

RiauKepri.com, BATAM – Bupati Kabupaten Kampar, Aziz Zainal beserta Wakil Bupati Catur Sugeng, Asisten I, Pemkab Kampar, melakukan silaturrahim dengan warga Kampar yang ada di Batam, belum lama ini, di rumah makan Pondok Blado Batam Center.

Kedatangan Bupati yang baru dilantik 2.5 bulan itu ke Batam juga bersempena pelepasan Jamaah Calon Haji dari Kampar di Embarkasi Batam.

Beberapa tokoh orang yang dituakan, tampak hadir.  Di antaranya H Zainal Abidin, yang saat ini menjadi Wakil Ketua DPRD Kampar dan juga beberapa pejabat Pemko Batam asal Kampar.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Aziz Zainal mengajak warga Kampar yang ada di Batam untuk sama-sama membangun Kampar. Bagi yang pengusaha, mari tanamkan investasi di Kampar.

“Kalau kita mau berkembang, maka kita harus gesa percepatan pembangunan di Kampar,” ujar Bupati Aziz Zainal, yang dalam saat itu disampingi Wakil Bupati, Catur Sugeng.

Dijelaskan Aziz Zainal, untuk percepatan pembangunan itu, maka fokus Pemkab Kampar saat ini adalah bagaimana membangun infrastruktur, industri dan dan mengajak investor untuk mau berinvestasi di Kampar.

Baca juga :  PKS "Belajar" Kepemimpinan Partai dengan Syamsuar

Memang, kondisi Kampar saat ini sangat memprihatinkan. Bukan saja dalam sistem birokrasi pemerintahan, tetapi juga komplik yang terjadi ditengah masyarakat.

Birokrasi di Pemkab Kampar itu lemah, jelas Aziz Zainal. Bahkan terkesan manja dan tidak memiliki visi pembangunan. Selama ini pola anggaran yang ada, hanya bagaimana menghabiskan anggaran yang sudah diplot, tanpa ada skala prioritas pembangunan.

“Sekarang polanya kita ubah. Penyerapan anggaran harus pakai skala prioritas. Para pejabatnya harus punya visi dan target apa yang hendak dicapai,” ujar Aziz Zainal.

Makanya, jelas Aziz Zainal, Bupati dan Wakil Bupati saat fokus pada, bagaimana memperbaiki birokrasi pemerintahan di Kampar. “Bagi yang tidak bisa mengikuti pola kami, sebaiknya mundur saja dari jabatannya,” tegasnya.

Selain di birokrasi, di tengah masyarakat juga sudah terkotak-kotak, saling curiga. “Makanya, setelah kami dilantik, kita kumpulkan tokoh agama, tokoh masyarakat, ninik mamak, dan beberapa komponen masyarakat lain, duduk bersama untuk menyamakan visi pembangunan yang ingin kita buat,” jelas Aziz Zainal.

Baca juga :  Meningkatkan Ekonomi Kreatif Pengrajin Sovenir, Dinas Pariwisata Riau Taja Pelatihan dan Pameran

Aziz Zainal juga mengatakan, sudah saatnya masyarakat meninggalkan saling curiga dan saling bermusuhan di tengah masyarakat. Saatnya untuk fokus membangun Kampar yang lebih baik.

Silaturrahamin dengan warga Kampar di Batam Senin malam itu diawali dengan makan malam bersama, dengan suguhan ikan baung khas sungai Kampar, dan ikan sungai lainnya. Dan yang tak ketinggalan, sambal lado jengkol dan petai.

Diakhir silaturrahim itu, Aziz Zainal menyampaikan kepada warga Kampar yang ada di Batam, saat ini, orang Kampar tidak malu lagi menyebut dirinya orang Kampar. Bahkan orang luar Kampar ingin disebut sebagai orang Kampar. “Kita harus bangga jadi orang Kampar,” ujar Aziz Zainal. (AR/RK)