Selasa, 20 Maret, 2018 7:10 pm

Bupati Hamid Janji Perpanjang Kontrak Tenaga Medis

RiauKepri.com, NATUNA – Pelayanan bidang kesehatan merupakan salah satu bentuk eksistensi pemerintah bagi masyarakat melalui jaminan serta upaya peningkatan mutu kesehatan secara lebih merata. Untuk itu, aparatur medis dan paramedis baik secara kualitas maupun kuantitas harus dipenuhi dengan diiringi pembenahan sarana dan fasilitas serta jaminan kesehatan.

Demikian ditegaskan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal pada acara puncak memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke – 44 tahun 2018, di Halaman Rumah Sakit Umum Daerah Natuna, Ranai, Sabtu (17/03/2018). Kegiatan ini dihadiri Kadis Kesehatan, Direktur RSUD beserta segenap jajarannya, Ketua Organisasi Profesi Medis dan Paramedis serta seluruh perawat yang bertugas diwilayah kerja Kabupaten Natuna.

“Kepada seluruh aparatur yang bertugas khususnya di RSUD untuk selalu menjaga keramahan bagi menciptakan citra baik dalam pelayanan, baik dalam proses pengobatan, perawatan serta menyikapi berbagai pertanyaan dari masyarakat secara bijak,”kata Hamid Rizal dalam amanatnya.

Baca juga :  Alfedri Buka Event Bola Sawah, 10 Pokdarwis Dikukuh

Ia mengakui, bahwa saat ini gaji seluruh PNS di Indonesia masih tergolong kecil terlebih lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup diwilayah perbatasan dengan standar harga tinggi karena dipasok dari beberapa wilayah lain dengan ongkos transportasi tinggi.

“Untuk itu kedepan Hamid Rizal mengharapkan dukungan seluruh masyarakat bagi mewujudkan provinsi baru, sehingga percepatan pembangunan dapat lebih dipacu dan putra daerah yang berlatar belakang pendidikan perguruan tinggi mendapatkan peluang besar menjadi PNS untuk mendukung pembangunan daerah,”ujarnya.

Dijelaskannya, kemampuan anggaran daerah yang ada masih mampu untuk menanggung belanja aparatur terutama bagi tenaga medis dan paramedis yang masih berstatus kontrak. Oleh karenanya diharapkan adanya upaya perbaikan mutu pelayanan menuju profesionalime serta ketulusan dana pengabdian peningkatan mutu kesehatan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Pengurus Daerah PPNI Kabupaten Natuna, Nazri melaporkan bahwa sempena HUT PPNI ke-44 tahun 2018, panitia penyelenggara telah menyusun rangkaian kegiatan antara lain Gotong Royong di lokasi wisata Batu Kasah Kecamatan Bunguran Selatan, Donor Darah, Family Gathering, Senam Massal dan Workshop Hipnoteraphy yang diselenggarakan di RSUD Natuna.

Baca juga :  Program TFWoF, Edukasi Hutan untuk Generasi Muda

“Saat ini jumlah Perawat yang bertugas dan tersebar diseluruh wilayah kerja Kabupaten Natuna berjumlah 375 orang, dimana 331 orang diantaranya sudah memiliki sertifikat STF dan sisanya 44 orang belum memiliki sertifikat kompetensi tersebut,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi para perawat yang ada, sambung Nazri setiap tahunnya DPD PPNI Natuna akan terus mengikut sertakan seluruh perawat yang belum memiliki sertifikat kompetensi diatas bagi meningkatkan kualitas Sumberdaya aparatur untuk mendukung pelayanan sekaligus sebagai salah satu persyaratan yang telah ditetapkan untuk perpanjangan kontrak kerja. (r/helmy)