Senin, 26 Februari, 2018 11:22 pm

Bupati Rafiq Wisuda Santri Hafid Qur’an 30 juz di Moro

RiauKepri.com, KARIMUN– Bupati Karimun Aunur Rafiq mewisuda santriawan dan santriwati hafidz qur’an pesantren Mahad Tahfizul Quran At’thohiriyah Moro, kabupaten Karimun, Sabtu (24/2/2018) kemarin.

Adapun para wisuda yang dikukuhkan yaitu sebanyak enam orang hafidz putri dan lima putra telah menyelesaikan khatam Quran 30 Juz dan sebanyak 24 orang santri Tempat Pengajian Quran (TPQ).

“Ini menjadi bukti bahwa Pesantren Mahad (Moro) ini menjadi harapan dan tujuan bagi para orang tua untuk menitipkan anak anaknya dalam rangka menghafal Alquran. selamat dan sukses ya kepada anak-anak yang telah diwisuda,” kata Rafiq.

Orang nomor satu di Kabupaten Karimun ini menyampaikan kepada keluarga santriawan dan santriwati yang kurang mampu dapat melanjutkan kuliah melalui bantuan jalur Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Karimun ataupun jalur pemerintah.

Baca juga :  Infrastruktur Sekolah Di Bintan Dibangun Pakai Rp6,1 M DAK Fisik

“Bantuan pendidikan dari jalur pemerintah melalui ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Dijelaskannya, Kabupaten Karimun saat ini memiliki delapan rumah tahfidz, 16 Pondok Pesantren dan 159 ustadz/ustadzah yang mengajar. Selain itu juga ada 332 TPQ, 125 DTA dengan jumlah guru sebanyak 2.015 orang dan 21.000 lebih santri.

“Ustad dan ustadzah pada rumah tahfidz dan pondok pesantren tersebut diberikan insentif oleh Pemerintah Kabupaten Karimun,”bebernya.

Sementara itu, Pengasuh Pesantren Mahad Tahfizul Quran Atthohiriyah Moro, Ustad Jefri Al hafiz mengatakan sejak pesantren ini berdiri, jumlah santriawan dan santriwati yang telah menyelesaikan hafalan 30 Juz dan diwisuda sebanyak 24 orang.

Baca juga :  Bupati Bintan Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2017

“Hari ini kita juga mewisuda para santri TPQ,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, pada pemulaan kegiatan, Rafiq meresmikan gedung asrama putra sebanyak berlantai dua yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Karimun. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan pembangunan berkaitan Perencanaan batu miring di kampung Batu Ampar, IPAL komunal dan perbaikan Kampung Benteng serta perencaan Bantuan stimulan PKH. (r/helmy)