Senin, 31 Juli, 2017 9:34 am

Ciptakan E-Government, Seluruh OPD Pemprov Kepri Harus Berbasis Digital

Guntur Sakti.

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG — Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri harus bekerjasama menciptakan ekosistem E-Government. Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri, Guntur Sakti, saat menjadi pembina apel pagi, Senin (31/7).

“Di Dispenda (Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah) Kepri, sudah ada beberapa aplikasi seperti SIPAMOR (Sistem Informasi Pajak Kendaraan Bermotor) dan Pelayanan Pajak Daerah Online via Website Dispenda,” ujar Guntur.
Di lingkungan Pemprov Kepri saat ini terdapat setidaknya 22 aplikasi yang dikembangkan dan dikelola oleh lebih dari 10 OPD. Ini menunjukkan bahwa sudah ada ekosistem e-government di lingkungan Pemprov Kepri.
Guntur menghimbau OPD yang belum memiliki website dan aplikasi berbasis digital untuk menggesa penerapannya. Sehingga semua OPD nantinya harus berbasis digital sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas kinerja.
Dinas Kominfo sebagai OPD yang bertanggungjawab sesuai tugas dan fungsinya menyediakan diri untuk memberikan bantuan dan pendampingan. Terutama bagi OPD yang ingin membangun sistem digital atau meningkatkan sistem digitalnya sehingga sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Peraturan Gubernur mengenai standardisasi pengelolaan portal dan website di lingkungan Pemprov Kepri.(RK/Kominfo)
Baca juga :  Dinas Penanaman Modal dan PTSP Terima Penghargaan Wilayah Bebas Korupsi