Kamis, 10 Agustus, 2017 1:12 am

Dari Pemprov Riau, M Nurdin Yusuf, Anak Watan Bengkalis Dapat Gelar Pahlawan Pemerintahan

Gubri H Arsyadjuliandi Rachman didampingi Wakil Gubri H Wan Thamrin Hasyim menyerahkan penghargan kepada ahli waris M Nurdin Yusuf, Hj Elida Nurdin, sempena Hari Jadi ke-60 Riau di Pekanbaru

RiauKepri.com, PEKANBARU – Sempena upacara peringatan Hari Jadi ke-60 Provinsi Riau tahun 2017 di halaman kantor Gubernur Riau (Gubri), Jalan Jend Sudirman No 460 Pekanbaru, Rabu (9/8/2017) pagi, Pemerintah Provinsi(Pemprov) Riau memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh dan pejuang daerah.

Adapun penghargaan yang diberikan berupa Gelar Pahlawan Kemerdekaan dan Gelar Pahlawan Pemerintahan. Dari Kabupaten Bengkalis, tokoh yang mendapat penghargaan adalah M Nurdin Yusuf. Penghargaan yang diberikan Pemprov itu berupa Gelar Pahlawan Pemerintahan.

Penghargaan yang diserahkan Gubri H Arsyadjuliandi Rachman didampingi Wakil Gubri tersebut diterima langsung ahli warisnya Hj Elida Nurdin, putri ketiga Nurdin Yusuf.

Baca juga :  Ada Mayat "Terbogil" di Bengkalis, Keluarga Siapa Agaknya?

Bupati Bengkalis Amril Mukminin, baik atas nama pribadi, masyarakat dan pemerintah mengucapkan selamat atas pemberian Gelar Pahlawan Pemerintahan tersebut kepada Nurdin Yusuf yang merupakan anak watan Bengkalis kelahiran Bukit Batu, 11 November 1920.

Amril mengajak masyarakat di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan, khususnya generasi muda, untuk mentauladani semangat juang Nurdin Yusuf yang dikenal tanpa pamrih ikut berjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia (RI), meskipun dia bukan seorang militer.

“Meskipun tidak dari militer, namun dari sejarah yang kami ketahui, tugas yang diemban beliau selaku pemuda pejuang yang ikut berjuang merebut dan memperahankan kemerdekaan RI, khususnyanya di wilayah Bengkalis, sangat besar. Semangat seperti itu harus kita tauladani bersama untuk mengisi pembangunan di daerah ini,” ajak Amril.

Baca juga :  Nenek-nenek di Inhil Dibegal di Jalan Sepi

Sedikit catatan tentang Nurdin Yusuf, yaitu pangkat terakhir yang disandangnya dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI yaitu sebagai Pemuda Pejuang NPV 4005013.

Dan atas jasa-jasanya tersebut, sebelum memperoleh penghargaan dari Pemprov Riau tadi pagi, kakek dari Camat Bukit Batu Reza Noverindra ini, juga mendapat tanda jasa berupa piagam penghargaan Menteri Pertahanan RI. (RKB)