Jumat, 28 Juli, 2017 1:35 pm

Dengan LAM, Kepri Bertamaddun

RiauKwepri.com, TANJUNGPINANG — Sekdaprov Kepri, H. TS Arif Fadillah menyebutkan bahwa Lembaga Adat Melayu (LAM) punya peranan yang sangat besar dalam menyukseskan kegiatan dan pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau. Terlebih, lembaga adat berperan dalam mengatur tatanan masyarakat yang lebih baik.
“Lembaga adat bukan sekedar ormas, tetapi lembaga ini dibentuk berdasarkan Perda (Peraturan Daerah). Lembaga adat juga punya peran dalam membantu pemerintah melaksanakan proses pembangunan khususnya dalam bidang adat istiadat,” kata Arif saat membuka Rapat Kerja Daerah Lembaga Adat Melayu Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2017, di Asrama Haji Tanjungpinang, Rabu (26/7).
Pada Rapat Kerja Daerah yang mengangkat tema Dengan LAM Kita Berhimpun, Dengan LAM Kita Bersantun, Dengan LAM Kita Bertamadun ini hadir perwakilan LAM dari Kabupaten/ Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau dan LAM Provinsi Kepulauan Riau.
Arif juga menyampaikan keberadaan Lembaga Adat Melayu di Provinsi Kepulauan Riau mempunyai arti penting, karena selain sebagai lembaga penjaga adat istiadat dan budaya Melayu juga dapat memberikan masukan pada pemerintah dalam upaya mendukung dan mewujudkan pembangunan yang berkesejahteraan di Provinsi Kepulauan Riau .
“Kami mengharapkan Rapat Kerja ini menghasilkan sesuatu yang bisa menajadi masukan kepada kami dalam rangka untuk mendorong kegiatan pembangunan Provinsi Kepulauan Riau,” harap Sekda.
Pada kesempatan yang sama Ketua LAM Provinsi Kepulauan Riau, Abdul Razak dalam laporannya mengharapkan Rapat Kerja ini dapat memberikan dukungan informasi kepada berbagai pihak baik instansi pemerintah, masyarakat dan perguruan tinggi sebagai mitra dalam merumuskan/ melaksanakan kebijakan dalam pengelolaan adat istiadat Kepulauan Riau.
Disamping itu diharapkan pula dapat dimanfaatkan sebagai instrument untuk lebih mensinergikan dan mengefektifkan Lembaga Adat Melayu Provinsi Kepulauan Riau di masa mendatang.(RK/Hms)
Baca juga :  Gernita NasDem se-Kepri Dilantik, Dilanjutkan TOT