Senin, 29 Januari, 2018 3:22 pm

Di Indonesia Hanya Siak yang Sudah Jalankan Zakat Hasil Pertanian

RiauKepri.com, SIAK- Hampir seluruh ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kota se Provinsi Riau datang ke Kabupaten Siak untuk menghadiri acara pencanangan zakat pertanian di Kecamatan Bungaraya.

Selain itu, Baznas Pusat juga mengutus Kepala Divisi Pengumpulan Zakat Nasional untuk menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya  kepada Bupati Siak, Syamsuar, yang sudah sukses mengembangkan zakat dari berbagai sektor.

Dikatakan Kepala Divisi Pengumpulan Zakat Nasional, Fitriansyah, sebelum dirinya datang ke Riau, dia sudah melakukan pengecekan data daerah mana saja yang sudah melaksanakan zakat pertanian, dan Baznas Pusat mengakui bahwa Kabupaten Siak satu-satunya daerah di Indonesia yang sudah melaksanakan zakat pertanian.

“Dari data yang ada sebagian besar masih melaksanakan zakat profesi, mal, zakat emas. Secara spesifik zakat pertanian ini baru Siak yang membuatnya,” ungkap Fitriansyah, Senin (29/1/2018).

Baca juga :  Tabung Oksigen di Tembilahan Meledak, Ini Indentitas 10 Orang Korban

Dalam kesempatan itu, Fitriansyah menyampaikan ucapan terimakasih dari Ketua Baznas Pusat, Bambang Sudibiyo kepada Bupati Siak, Syamsuar. Ada 3 hal besar yang menjadi konsentrasi beliau kepada Baznas Kabupaten Siak.

“Pemkab Siak sudah menjalankan UU nomor 23 tahun 2011 untuk membentuk kepengurusan Baznas di tingkat Kabupaten. Ini suatu dukungan yang luar biasa diberikan Bupati Syamsuar kepada Baznas,” ujarnya.

Menurut Fitriansyah, ada inpact positif dengan perekonian masyarakat di Kabupaten Siak melalui gemar zakat ini. Dari data yang ada jumlah masyarakat yang umrah setiap tahunnya dari Siak meningkat.

Baca juga :  Nama Syamsuar Menggelegar Bagaikan Petir, Diserukan Dimana-mana

“Bahkan subuh tadi saat salat di Masjid, saya cukup terharu melihat jamaahnya sampai 3 syaf. Padahal kota ini sepi, tetapi masjidnya tetap ramai karena masyarakatnya sangat religius,” ujarnya lagi.

Dia juga mendoakan agar Bupati Siak Syamsuar dan Wakil Bupati Siak Alfedri diberikan keberkahan dalam menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Siak.

Diakhir acara pencangan zakat pertanian ini sekaligus panen raya, sejumlah petani padi melakukan pembayaran zakat pertanian dalam bentuk gabah yang diterima langsung oleh Bupati Siak, Syamsuar, Baznas Pusat Fitriansyah dan Danrem 031/ Wirabima, Brigjen Edy Natar Nasution. (galeri)

Bupati Siak Syamsuar dan Brigjen Edy Nasution panen tomat dari Gapoktan Kampung Temusai Bungaraya.
Bupati Siak Syamsuar didampingi Istrinya Misnarni memanen bawang bibit tuk tuk di Kecamatan Bungaraya.
Petani membayarkan zakat hasil pertaniannya ke Baznas Siak yang diterima Bupati Siak Syamsuar.
Bupati Siak Syamsuar dan Danrem 031 Wirabima, Brigjen Edy Nasution menaiki sepeda menuju lokasi panen raya.
Bupati Siak Syamsuar menerima penghargaan sebagai Bupati Pembangunan di Kabupaten Siak.
Panitia acara panen raya memasangkan selempang bertuliskan Bapak Pembangunan Kabupaten Siak kepada Syamsuar.
Wakil Bupati Siak, Alfedri ikut mendampingi Bupati Siak Syamsuar dan Danrem 031 Wirabima saat panen bawang di kampung Temusai Bubgaraya.
Seluruh Forkorpinda di Siak ikut melaksanakan Panen Raya di Kecamatan Bungaraya.