Rabu, 19 Juli, 2017 10:03 am

Di Kecamatan Merbau, Bupati Meranti Minta Doa dan Dukungan Memimpin Riau

Masyarakat menyalami Bupati Meranti

RiauKepri.com, TELUKBELITUNG — Bupati Kepulauan Meranti, Irwan menggelar Halal Bi Halal sekaligus bersilahturahmi dengan masyarakat Kecamatan Merbau, di Kantor Camat Merbau, Selasa (18/7). Pada kesempatan itu ia berharap dapat semakin meningkatkan persatuan dan kesatuan antara Pemda dan masyarakat dalam membangun Meranti lebih baik lagi kedepan.

Turut hadir mendampingi, anggota DPRD Kepulauan Meranti Asmawi, Fayzy SE, Edi Masyudi, Kepala Dinas/Badan/Bagian Dilingkungan Pemkab Meranti, Camat Merbau Wan Fakhriarmi, Danramil Merbau, Tokoh Masyarakat/Adat/Agama, Mahasiswa KKN UIN Suska, STAI Bengkalis dan lainnya.
Dalam sambutannya Camat Merbau, Wan Fakhriarmi S.Sos mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Drs. H. Irwan M.Si dan rombongan yang ditengah kesibukannya dapat menyempatkan diri hadir dalam acara tersebut.
Ia yakin dengan kehadiran Bupati dan rombongan akan semakin mempererat silahturahmi antara Pemda dan masyarakat untuk saling dukung dalam upaya membangun Meranti yang lebih baik lagi kedepan.
Menurut Camat Merbau, untuk menggesa pembangunan faktor utama adalah kekompakan, saling dukung antara pemerintah dan masyarakat dan kedua adalah anggaran, dimana untuk menggesa pembangunan dibutuhkan dana yang besar dan jika hanya mengharapkan dari anggaran APBD tentu amat sulit. Untuk itu perlu diupayakan alokasi dana pembangunan dari APBD Provinsi dan APBN.
Namun sayangnya alokasi dana yang diberikan oleh Pemprov Riau dinilai terlalu kecil, hal itu menurut Camat karena kurangnya bergaining dan tidak adanya orang Meranti yang menduduki jabatan strategis (penentu) di Provinsi Riau. Seperti dikatakan Camat tahun ini Merbau hanya dapat bantuan Rp5 Miliar dari APBD Provinsi sementara anggaran yang ada di Provinsi mencapai Rp9 Triliun. Iapun berharap tahun depan ada orang Meranti di Provinsi yang bisa memperjuangkan alokasi dana yang besar untuk pembangunan Meranti.
“Untuk membangun Meranti perlu ada orang kita di Provinsi, kita harapkan tahun depan ada orang Meranti disana yang mampu mengalokasikan dana lebih besar kepada Meranti dalam menggesa pembangunan,” harapnya berapi-api.
Sementara Irwan menegaskan perlunya silahturahmi dan saling memaafkan khususnya di bulan Syawal 1438 H ini agar semua kembali suci dan tercipta persatuan dan kesatuan yang semakin solid dalam membangun Meranti lebih baik lagi kedepan.
“Mari terus laksanakan kegiatan silahturahmi ini,” ujar Bupati.
Dijelaskan Bupati, ditengah tekanan ekonomi saat ini banyak perusahaan yang kesulitan beroperasi dan tak sedikit yang terpaksa merumahkan karyawanya seperti yang terjadi pada PT. Kondur yang beroperasi di Kecamatan Merbau, akibat turunnya harga minyak dunia perusahaan ini terpaksa merumahkan karyawanya yang berdampak pada melemahnya ekonomi masyarakat di Merbau. Begitu juga PT. RAPP yang tidak beroperasi lagi di Kecamatan Merbau. Hal ini menurut Bupati harus disikapi dengan bijak dan baik.
Meski ekonomi sulit pembangunan daerah tetap terus digesa, untuk itu orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu berpesan tiga elemen harus menyatu yang pertama masyarakat untuk itu tetap jaga kekompakan antar semua elemen masyarakat.
“Kalau kompak dan bersatu tidak ada masalah serius yang tidak bisa diselesaikan,” ujarnya.
Dan kedua elemen yang tak kalah penting adalah Ulama untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat dan elemen berikutnya  aparatur pemerintah yang diharapkan terus melakukan pendekatan pada masyarakat dan para ulama. “Dengan begitu semua kesulitan tentu dapat dicari jalan keluarnya,” ungkap Bupati.
Pada kesempatan itu Bupati juga meminta kepada para RT dan RW untuk dapat menggiatkan sektor pertanian, peternakan, perkebunan sebagai solusi mengatasi tekanan ekonomi saat ini.
Ia berharap kemunduran ekonomi yang terjadi jangan sampai meningkatnya kriminalitas dan pengangguran. Pemerintah sendiri akan terus menggesa pembangunan infrarstuktur jalan dan jembatan hingga ke pelosok desa sehingga akses dan pergerakan orang dan barang semakin mudah dan harga kebutuhan semakin murah karena lancarnya transportasi.
“Kita mohon dukungan semua maayarakat sehingga kegiatan yang dilaksanakn Dinas PU dapat tuntas sesuai target,” ucap Bupati.
Selain itu Bupati juga meminta peran ibu-ibu dapat ditingkatkan. Menurutnya ibu-ibu lebih dalam kreatif agar ekonomi daerah dapat terdongkrak. “Apa yng bisa dikembangkan silahkan komunikasikan dengan baik kepada pemerintah dan legislatif sehingga daerah tetap dapat berkembang,” papar Bupati.
Akhir kata senada dengan Camat, Bupati juga setuju untuk membangun Kabupaten tidak bisa mengharapkan APBD Meranti yang tiap tahunya semakin turun dan mengecil. Untuk itu Bupati mohon doa dan dukungan masyarakat untuk mendapat amanah memimpin Riau agar dapat membangun Riau khususnya Kabupaten Meranti lebih baik lagi.
“Semoga saya bisa membangun kampung ini semakin maju dimasa yang akan datang,” pungkas Bupati. (RK)
Baca juga :  Sibuk Memburu AHY untuk Berfoto, Banyak Anak Kehilangan Emak