Sabtu, 26 Agustus, 2017 2:32 pm

Di Kepri, Festival Seperti Ini Cuma Ada di Karimun

RiauKepri.com, KARIMUN — Bupati Karimun, Aunur Rafiq membuka secara resmi Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) VI tingkat Kabupaten Karimun di aula Masjid Agung Karimun, Sabtu (26/8/2017). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini akan menjadi ajang kreativitas anak-anak dan memberikan manfaat bagi generasi muda.

 

Dalam sambutannya dia mengucapkan terima kasih kepada Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRM) Provinsi Kepri dan Kabupaten Karimun yang telah melaksanakan kegiatan FASI. Menurutnya, kegiatan ini merupakan agenda tahunan dan Pemerintah Kabupaten Karimun akan terus mensupport serta tetap komitmen dengan Azam iman dan taqwa.

 

“Ada tiga hal penting dalam FASI ini. Yang pertama yakni anak-anak akan semakin giat dan bergairah untuk belajar. Kedua yakni ajang untuk menguji sejauh mana kemampuan anak-anak dalam perlombaan ini. Dan yang ketiga tentunya memberikan dorongan kepada para ustadz dan ustadzah agar anak-anak didiknya meraih prestasi,” ujarnya.

Baca juga :  Ini Kronologis Penangkapan 7 Kg Sabu dan 31 Ribu Lebih Exctacy

 

Ketua panitia FASI ke VI, Drs. Muhamad Yatim dalam laporannya mengatakan, dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun, hanya 8 kecamatan saja yang mengirimkan pesertanya pada FASI VI ini.

 

Adapun kecamatan yang mengirimkan utusannya yakni Kecamatan Meral sebanyak 53 orang, Kecamatan Meral barat 29 orang, Kecamatan Tebing 35 orang, Kecamatan Buru 19 orang, Kecamatan Kundur Barat 29 orang, Kecamatan Moro 15 orang, Kecamatan Durai 10 orang dan Kecamatan Ungar 16 orang.

 

Kegiatan yang diperlombakan pada FASI VI ini antara lain menggambar, merwarnai, kaligrafi, adzan dan iqomah, peragaan salat, tahfiz jus amma, Tartil Al-Qur’an, terjemahan Lafziah, ceramah agama, nasyid islami, kisah islami, serta tilawah.

Baca juga :  Spirit Sultan Mahmud Riayat Syah Diharapkan Menjadi Motivasi Generasi Kepri

 

Festival Anak Sholeh ini baru di Kabupaten Karimun yang melaksanakannya dan pada pertengahan September 2017 ini akan digelar ajang serupa di tingkat nasional yang dilaksanakan di Palangkaraya Kalimantan Tengah.

 

Pengurus BKPRM Provinsi Kepri , Syamsuddin Jaafar mengatakan Kabupaten Karimun yang pertama melaksanakan kegiatan ini, sementara kabupaten lainnya maupun Provinsi Kepulauan Riau belum lagi.

 

Menurutnya, Kabupaten Karimun ini luar biasa dan pada empat tahun lalu di FASI tingkat nasional, Provinsi Kepri banyak diwakili pesertanya dari Kabupaten Karimun dan Batam.

 

“Alhamdulillah pada FASI tingkat nasional di Bandung pada 4 tahun lalu, Provinsi Kepri berada di urutan ke 6 dari 34 provinsi di Indonesia,” jelasnya. (RK/FRE)