Selasa, 25 Juli, 2017 7:40 am

Dialog Sastra HPI Kepri 2017, Bersiaplah “Diracuni” Tommy F Awuy dan Ramon Damora

Ramon Damora dan Tommy F Awuy

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG — Perayaan Hari Puisi Indonesia di Kepulauan Riau yang akan dimulai pada Kamis (27/7) mendatang semakin heboh dengan kehadiran Tommy F Awuy dan Ramon Damora. Nama pertama adalah dosen filsafat di Universitas Indonesia dan dikenal juga sebagai kurator seni kontemporer di Indonesia.

Ketika mengetahui gelaran ini dilangsungkan di Tanjungpinang, Tommy seketika menyanggupi. “Tanjungpinang selalu menyenangkan. Saya akan bicara tentang semangat bahasa, sastra warisan Raja Ali Haji,” tulis Tommy pada pesan singkatnya sekaligus mengonfirmasi kehadirannya di Tanjungpinang pada Dialog Sastra, Jumat (28/7) mendatang.
Selama di Tanjungpinang nanti, Tommy akan diajak bercengkerama lebih dekat dengan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum perihal kesusastraan yang sebenarnya merupakan warisan tak terbilang dari Raja Ali Haji, selaku pahlawan nasional dan peletak dasar Bahasa Indonesia. Diharapkan kehadiran Tommy di Tanjungpinang dapat memompa minat generasi muda untuk turut menekuni jalan pena.
Sementara nama kedua adalah Ramon Damora. Penyair yang juga Pemred Tanjungpinang Pos ini akan mendedah kiat-kiat menulis karya sastra. Karena sepengamatan Ramon, semestinya Tanjungpinang sebagai muasal Bahasa Indonesia terus mampu melahirkan sastrawan-sastrawan andal dari masa ke masa. Dan kini yang perlu dipupuk, kata dia, adalah kesadaran dan kecintaan generasi mudanya.
“Ayo, kita ‘racuni’ anak-anak muda Tanjungpinang dengan sastra,” ujarnya.
Dialog Sastra ini rencananya akan digelar menjadi dua sesi pada Jumat (28/7) mendatang di Studio Bintan Expo Centre, Pamedan, Tanjungpinang. Sekretaris Panitia Pelaksana HPI Kepri 2017, Barozi Alaika menjelaskan, kegiatan ini terbuka buat umum. Siapapun yang berkesempatan boleh hadir, karena tidak dipungut biaya sepeser pun.
“Jarang-jarang bisa melihat Tommy F Awuy dan Ramon dalam satu panggung. Siapapun yang ingin mengenal sastra Tanjungpinang lebih jauh, kami silakan datang. Gratis kok,” kata Barozi.
Rangkaian acara lain dalam HPI Kepri 2017 yang dipusatkan di Tanjungpinang adalah Ziarah Sastra, Lomba Musikalisasi Puisi, dan Malam Apresiasi Puisi. Kesemua itu akan digelar berturut-turut selama tiga hari dari 27 – 29 Juli 2017.(RK/FTH)
Baca juga :  Sambut Regional Development Meeting, Gubernur Kepri Pimpin Rapat Persiapan