Selasa, 5 September, 2017 12:37 pm

Dinas Kebudayaan Taja Lomba Baca Puisi se-Riau, 72 Pemuda Ambil Bagian

RiauKepri.com, PEKANBARU – Tidak dapat dinafikan bahwa Provinsi Riau telah melahirkan para sastrawan handal untuk bangsa ini. Karya sastra yang dihasilkan oleh sastrawan Riau memberi warna baru pula dalam perkembangan sastra Indonesia.

Hal ini tidak terlepas dari cemerlangnya karya sastra pada masa lalu di Tanah Melayu ini. Karya sastra menjadi bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat di negeri Lancang Kuning ini.

Untuk membangkitkan gairah dan memperkokoh keberadaan karya sasta di tengah zaman modern ini, Dinas Kebudayaan Provinsi Riau melalui Bidang Bahasa dan Sastra, menaja lomba baca puisi se-Riau. Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan, Drs. Fakhri atau lebih akrab disapa Fakhri Semekot, perhelatan lomba baca puisi ini dilaksana untuk pemuda se-Riau.

Baca juga :  Untuk Ketiga Kalinya Siak Menerima Penghargaan Peduli HAM

“Ya, lomba baca puisi ini kita peruntukan bagi pemuda yang ada di Riau. Sebanyak 72 peserta dari kabupaten/kota di Riau yang sudah mendaftarkan diri. Mereka sangat antusias untuk mengikuti perhelatan ini,” ucap Fakhri Semekot yang juga pelawak nasional asal Riau ini.

Fakhri juga menjelaskan bahwa tujuan perhelatan lomba baca puisi ini adalah memberi ruang dan sekaligus membuka jalan bagi generasi muda Riau untuk menekuni dunia sastra. Diakui, kata Fakhri, bahwa Riau ini memiliki penulis-penulis handal di bidang sastra, namun belakangan ini agak terputus generasinya. Untuk itulah, kata Fakhri, perhelatan ini dilaksanakan.

“Kita ingin karya sastra di Riau terus dihasilkan dan pemuda merupakan estafet untuk melanjutkan menghasilkan karya sastra Riau yang cemerlang. Melalui perhelatan ini diharapkan akan muncul pendekar-pendekar sastra di Provinsi Riau ini,” ucap alumni Sastra Indonesia FIB Unilak ini.

Baca juga :  Sepanjang Jalan Dua Ribu Km, Bikers Promisikan Siak, Ini Kata Syamsuar

Fakhri juga menyampaikan bahwa lomba baca puisi ini akan dibuka malam ini, Selasa (15/9/2017), bertempat di Taman Budaya Riau. Pertemuan teknisnya akan dilangsungkan petang ini.

“Untuk lombanya, tanggal 6 dan 7 September 2017 dilaksanakan di Taman Budaya Riau. Lomba dibagi dua, yaitu membaca puisi perorangan dan baca puisi berpasangan. Bagaimana bentuk dan gaya baca puisi para pemuda Riau ini, sila saja saksikan aksi mereka di Taman Budaya Riau,” jelas Fakhri Semekot. (KR2)