Senin, 14 Agustus, 2017 8:06 pm

Dishub Batam Tingkatkan Kualitas Enam Titik Traffic Light

Yusfa Hendri, Kadis Perhubungan Kota Batam, ketika melepas gerak jalan beregu, Minggu (13/08/2017)

RiauKepri.com, BATAM – Dinas Perhubungan akan meningkatkan kualitas lampu lalulintas (traffic light) di enam persimpangan. Titik-titiknya yaitu simpang Rosedale Batam Centre, Seraya Atas, Simpang Polsek Batuampar, simpang tiga Sekolah Kartini Seraya, simpang Grand Niaga Mas Batam Centre, dan Indomobil Baloi.

“Tahun ini kita rencananya peningkatan traffic light di enam simpang. Anggarannya sekitar Rp 4 miliar, melalui APBD Kota Batam,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Yusfa Hendri, di Batam Centre, Senin (14/8).
Bentuk peningkatan yang dilakukan yaitu dengan penyambungan ke jaringan Area Traffic Control System (ATCS) Dinas Perhubungan. Kemudian menambah dukungan daya dari baterai, sehingga aliran listriknya AC-DC.
“Ini supaya saat listrik PLN mati, masih di-back up baterai. Selain itu lampunya juga kita ganti jadi LED, dan tiangnya model siku tidak melengkung,” kata dia.
Yusfa mengatakan total ada 38 persimpangan di Kota Batam. Sebanyak 23 titik sudah terhubung dengan ATCS dan dipantau melalui CCTV-room Dinas Perhubungan. Sementara 15 lainnya masih non-ATCS.
“Dari 23 itu, 20 sudah AC DC. Artinya dengan 15 tadi, total masih ada 18 titik yang belum di-back up DC,” ujarnya.
Selain membenahi simpang yang ada, tahun ini Dishub juga memperbaiki utilitas di lokasi pelebaran jalan. Seperti halte, rambu penunjuk arah, termasuk lampu lalu lintas.
“2018 mudah-mudahan selesai kegiatan penataan khusus ATCS dan rambu,” kata dia.(MCPKB/KR)
Baca juga :  Nyat Kadir Pulang Kampung “Dilambai” Kesedihan