Senin, 4 September, 2017 10:56 pm

Diterkam Haru, Syamsuar Pimpin Doa untuk Rohingya pada Pembukaan MTQ

RiauKepri.com, SIAK — Pembukaan MTQ XVII tingkat Kabupaten Siak diwarnai haru, menyusul pidato Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, memimpin doa untuk saudara seagama yang melanda umat muslim di Myanmar, Rohingya.

Suara Syamsuar terdengar berat, dia menahan tangis sehingga begitu jelas dari pengeras suara, mickrofon, suaranya seketika menjadi serak. Padahal, sebelumnya dia berpidato begitu lancar.

Sementara itu, undangan yang berada di tenda utama, menyaksikan drama ini terlihat matan memandang Syamsuar dari kejauhan, hening dan harupun menerkam.

Syamsuar tak hanya meminta ribuan warga yang hadir pada malam helat tahunan itu mendoakan agar umat muslim di Rohingya selalu dilindungi Allah, dia juga meminta kepada MUI Kabupaten Siak untuk membuat surat imbauan, melakukan Qunut Nazilah pada subuh Jumat mendatang di Masjid Al Fattah, Siak.

Baca juga :  Pengembangan Pelabuhan Supaya Arus Barang Semakin Lancar

Orang nomor satu di negeri istana itu, juga meminta kepada pengurus masjid dan musholla yang ada di Siak untuk menjalankan bakul sumbangan kepada masyarakat yang dananya nanti diserahkan kepada umat muslim di Rohingya.

“Imbauan saya ini selaras dengan imbauan MUI Riau, begitu juga bakul yang dijalankan masing-masing masjid dan musholla, hal ini disamping bantuan yang sudah diberikan pemerintah Indonesia,” ungkap Syamsuar.

Baca juga :  Spirit Sultan Mahmud Riayat Syah Diharapkan Menjadi Motivasi Generasi Kepri

Dari mulut Syamsuar, terucap doa semoga saudara sesama muslim yang sudah mendahului di Rohingya diterima di sisi Allah SWT. Bagi yang ditinggalkan semoga kuat dan tabah.

Usai pembukaan MTQ, penggalangan dana langsung dilakukan oleh pihak MUI dan Baznas Siak. Sejumlah budak-budak pun bergerak membawa kotak air mineral mendatangi satu per satu masyarakat yang hadir malam itu. (hidayat)