Jumat, 2 Februari, 2018 4:48 pm

DKP Bengkalis Dorong seluruh Desa Miliki Produk Pangan Unggulan,  Batang Duku Langsung Merespon dengan Mengolah Keladi 

RiauKepri.com, BENGKALIS – Dinas Ketahanan Pangan (DKP)  Kabupaten Bengkalis saat ini gencar mendorong seluruh desa untuk memiliki produk pangan unggulan,  yang diolah oleh masyarakat setempat.

Demikian disampaikan Plt Kepala DKP Bengkalis Syafrizan,ST.M.Sc kepada RiauKepri.com, Jumat (2/2/2018). Menurut pria yang akrab disapa Icau ini, hasil koordinasi antara pihaknya dengan Dinas Ketahanan Provinsi Riau mengamanahkan agar di Kabupaten Bengkalis dilakukan peningkatan pengolahan bahan pangan sagu maupun jenis lainnya, dengan tujuan mewujudkan Riau Swasembada Pangan.

“Memang secara keseluruhan hasil pembicaraan kita dengan pihak provinsi, untuk mengembangkan pengolahan sagu berdasarkan potensi daerah,  namun tidak hanya sagu saja,  kita juga mendorong seluruh desa supaya memiliki produk pangan andalan,  dari bahan yang paling berpotensi di desanya masing – masing,” jelas Icau alumni program magister Faculty of Spatial Science University Of Groningen Belanda ini.

Kepala Desa Batang Duku Sapri, meninjau langsung pembudidayaan dan pengolahan tanaman keladi olah warganya

Icau juga menjabarkan bahwa tupoksi dari Instansi yang dipimpinnya fokus pada pengolahan bahan tanaman menjadi pangan,  sedangkan bagian produksi penanaman,  pembibitan dan lainnya menjadi gawenya Dinas Pertanian.

Baca juga :  Wakil Bupati Kepulauan Meranti Sampaikan Kekecewaannya di Musrenbang Prov Riau 2018

“Jadi kita fokus pada pengolahan,  oleh karena itu kita mendorong seluruh desa untuk proaktif memberdayakan masyarakat dalam mengolah bahan pangan.  Minimal satu desa fokus pada pengolahan satu produk pangan unggulan. Salah satu desa yang sudah merespon adalah desa Batang Duku Kecamatan Bukit Batu,  kemaren Pak Kadesnya Sapri juga beberapa kali berkonsultasi dengan kita, saat ini Batang Duku fokus mengolah keladi menjadi bahan pangan andalannya,” tambahnya.

Icau juga berpesan agar Pemerintah Desa lainnya yang ada di Kabupaten Bengkalis untuk ikut andil dalam mewujudkan program satu desa satu produk pangan andalan ini. Selain untuk menunjang swasembada pangan,  juga akan berpengaruh bagi perekonomian masyarakat desa.

Sementara iti Kepala Desa Batang Duku Sapri, S.Pd.i dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya bersama masyarakat sedang gencar untuk melakukan budidaya penanaman maupun pengolahan Keladi,  untuk dijadikan produk angan andalan desanya.

Baca juga :  "Ya, Kami Sudah Tau Pak Syamsuar, Insya Allah Nomor 1"

“Alhamdulillah,  setelah beberapa kali berkonsultasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis,  akhirnya kami memutuskan untuk fokus melakukan pengolahan bahan pangan dari tanaman keladi. Karena selain mudah membudidayakannya,  keladi juga bisa diolah menjadi berbagai produk makanan seperti kerupuk,  gorengan,  dan lainnya,” ujar Sapri.

Diutarakan Sapri bahwa keinginan untuk menjadikan keladi sebagai produk pangan andalan desa Batang Duku bukanlah sekedar usulan dari kepala desa saja,  tetapi juga keinginan dari masyarakat berdasarkan potensi lahan yang ada.

“Masyarakat merupakan faktor pendukung utama, karena Pemerintah Desa tak akan bisa berjalan sendiri tanpa didukung oleh keinginan masyarakat maupun potensi lahan desa.  Oleh karena itu saya mengajak seluruh lapisan masyarakat desa kami ini untuk terus memanfaatkan lahannya dengan menanam keladi,  selanjutnya diolah sebaik mungkin menjadi produk pangan andalan desa,” tutur Kades Batang Duku. (RK4)