Rabu, 31 Januari, 2018 7:01 pm

Dua Perusahaan Kongsi Percepat Pembangunan Pelabuhan Tangjungbuton

RiauKepri.com, PEKANBARU-Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, menyaksikan penanda tanganan joint venture atau perjanjian usaha patungan antara perusahaan daerah PT Samudera Siak dengan PT Bosowa Bandar Indonesia di kantor Bosawa, Menara Karya, lantai 16 Jakarta, Rabu (31/01/2018) pagi.

Syamsuar menyambut baik dilakukannya pendatanganan perjanjian usaha patungan tersebut. Menurut dia, semakin cepat dilaksanakan semakin baik untuk percepatan pembangunan Pelabuhan Tanjung Buton.

“Saat ini para investor sudah sangat ingin untuk berivestasi, baik di kawasan insdustri maupun di kawasan pelabuhan,” ujar Syamsuar.

Apalagi Siak telah didukung Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) yang masuk dalam proyek strategis nasional berdasarkan Peraturan Presiden nomor 58 tahun 2017, tercantum pada urutan 232.

Baca juga :  Ini Harapan 600-an PKL di Jalan Agus Salim Kepada Syamsuar

“Kita diuntungkan karena faktor kawasan industri yang berdekatan dengan kawasan pelabuhan,” ungkap Syamsuar.

Penandatangan joint venture antara PT. Samudera Siak, yang diwakili oleh Subardo, selaku Direktur PT. Samudera Siak dengan Direktur PT. Bosowa Bandar Indonesia Joko Widiatmoko.

Sementara pihak PT Bosowa Corporindo sangat mendukung pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mengembangkan kawasan tersebut. Penetapan Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB), sebagai kawasan ekonomi khusus melalui Peraturan Presiden nomor 58 tahun 2017 menjadi spirit untuk terus berkomitmen membangun kawasan tersebut

Baca juga :  Remaja Kembaran di Inhil Tewas Disambar Petir

Adapun tujuan dari perjanjian ini adalah:

1. Melaksanakan pengelolaan dan pembangunan Kawasan Pelabuhan Tanjung Buton sesuai sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku;

2. Melaksanakan kerjasama yang saling menguntungkan baik ditinjau dari aspek keuangan maupun aspek manfaat nasional.

3. Menunjang peningkatan pelayanan jasa kepelabuhanan dan sektor perdagangan sehingga dapat memberikan daya tarik kepada pemakai Kawasan Pelabuhan dan terwujudnya fasilitas ke pelabuhanan yang baik.

Hadir saat itu sejumlah pejabat terkait dari Pemkab Siak, pejabat dari Bosowa serta pimpinan dan komisaris dari BUMD Siak. (RK1/*)