Jumat, 12 Januari, 2018 3:09 pm

Edei, Hasil Tes Kesehatan Bapaslon Terkait Narkoba tak Didedahkan

RiauKepri.com, PEKANBARU – Meskipun Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) juga dites kesehatannya oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Riau, namun hasilnya apakah ada yang terlibat mengkosumsi Narkoba tidak akan didedah kepada masyarakat. 

“Kalau soal hasil itu nanti kita tidak bisa membeberkannya. Yang kita terima itu nanti dari tim media ini Paslon itu layak atau tidak. Nanti akan kita diskusikan lagi dengan KPU. Seperti apa akan kita diskusikan lagi sesuai aturan saja. Mengacu ke aturan saja,” kata Ketua Divisi Teknis KPU Riau, Abdul Hamid, kepada wartawan di Lantai V RSUD Arifin Achmad, Jumat (12/1/1018).

Baca juga :  Deklarasi Syamsuar-Edy Natar Dimeriahkan Artis Lagu Religi Opick

Nanti, kata Hamid, akan ada pemerikaaan lanjutan. Artinya kalau memang ada indikasi pihaknya tidak tahu, karena KPU hanya menerima hasilnya saja, layak atau tidak.

Yang jelas, sambung Hamid, sebagai calon kepala daerah mereka harus mampu memenuhi syarat secara jasmani maupun rohani untuk menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Penilaian tersebut dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip pemeriksaan kesehatan yang memenuhi persyaratan obyektif-ilmiah berlandaskan ilmu kedokteran berbasis bukti (evidence-based medicine).

Baca juga :  Ini Kisah Spontan di Lift yang Mengejutkan Syamsuar

Pemeriksaan kesehatan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 dilakukan oleh tim kerjasama yang terdiri dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan psikolog dan Direktur RSUD Arifin Ahmad. (hidayat)