Rabu, 9 Agustus, 2017 1:33 pm

eptina, Semangat Melayu Modal Meningkatkan Daya Saing Riau

Ketua DPRD Riau, Septina Primawati.

RiauKepri.com, PEKANBARU--Setelah menggelar upacara di halaman Kantor Gubernur Riau, rangkaian Milad ke 60 tahun Provinsi Riau selanjutnya rapat Paripurna Istimewa di DPRD Riau, Rabu (9/8/2017), pukul 11.00 WIB. Kegiatan ini diawali dengan tari persembahan tujuh penari wanita, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta yang
diiringi dengan marching band dan pembacaan ayat suci Al-qur’an.

Tampak hadir dalam rapat paripurna itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, Ketua DPRD Riau Septina Primawati, sejumlah kepada daerah kabupaten/kota se-Riau, anggota DPR Riau asal Riau, para undangan negara tetangga dan undangan lainnya. Paripurna ini disiarkan langsung melalui televisi swasta lokal.

Dalam pidatonya, Septina mengajak pada menatap jauh ke masa depan seraya membayangkan dimanakah posisi Provinsi Riau ketika merayakan “Satu Abad Hari Jadi” yang tepat jatuh pada tahun 2057? Sejauh mana mampu membangun diri menjadi negeri Melayu yang agamis, sejahtera, berkeadilan dan tangguh, mampu memelihara dan mempertahankan nilai-nilai luhur budaya Melayu di kawasan  Asia Tenggara dan Dunia.

Baca juga :  Mahasiswa FH Unilak Gelar KBM di Pelalawan

”Sejalan dengan itu, kita tidak boleh membiarkan pudarnya semangat Melayu sebagai modal untuk meningkatkan rasa percaya diri dan daya saing, guna menjadikan Riau sebagai negeri yang besar, tangguh dan unggul, serta berbudaya,” ungkap Septinas.

Untuk itu perlu mengoptimalkan potensi dan energi dengan menghimpun, mensinergikan, dan memberdayakan semua kekuatan dan perbekalan yang ada. Potensi tersebut meliputi potensi ekonomi berupa sumberdaya alam dan sumberdaya ekonomi lainnya, maupun potensi sumberdaya manusia serta potensi budaya yang amat kaya dan luhur.

Dalam hal ini, sambung Septina, di dalamnya ada para tenaga ahli, ilmuwan, peneliti, profesional, wirausahawan, seniman, atlet, investor, orang-orang kreatif, para talenta dan para innovator, baik yang berada di dalam maupun  di luar negeri sebagai diaspora Melayu. Begitu pula,  para pemuda, pelajar, dan mahasiswa  Provinsi Riau yang berbakat dan berprestasi di segala bidang, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Baca juga :  Danrem Edy Natar "Merenda Bertumbuk" dengan Edi Indra

”Titik berat program pembangunan yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Riau, Insya Allah dapat kita wujudkan apabila didukung dengan semangat kekeluargaan, kebersamaan, seayun-selangkah dan seiring sejalan segenap komponen anak negeri Melayu ini.
Tentu saja, menyambut 60 tahun usia Provinsi Riau pada hari ini, masih banyak lagi yang harus diperbaiki dan terus ditingkatkan dengan upaya yang sungguh-sungguh dari semua pelaku pembangunan di negeri ini,” ujar Septina. (RK1)