Senin, 4 September, 2017 7:26 pm

Fahri Jilham di Tengah Panas Berdengkang, dan Kemesraan Bupati Siak

RiauKepri.com, SIAK– Suara denting gambus di stand bazar Kecamatan Siak “menggelitik” panas yang berdengkang pada Senin (4/9/2017), pukul 14.00 WIB, di halaman Islamic Centre, Siak.

Wak Ujang sibuk dengan jari-jemarinya memainkan empat senar alat musik tradisional, gambus, itu. Seiring dengan nada yang keluar lewat pengeras suara amplifier, seniman yang sejak SD sudah mengusai alat musik peting ini menyanyikan lagu Fahri Jilham, berbahasa Arab.

Sementara itu, dari pintu samping, Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, bersama istrinya, Hj Misnarni, masuk ke stand Kecamatan Siak yang posisinya paling depan lantaran tuan rumah MTQ XVII tingkat Kabupaten Siak.

Sejenak setelah mengunjungi stand Kecamatan Siak, Syamsuar bersama istrinya keluar dari pintu depan. Sempat melihat Wak Ujang bermain gambus, senyum simpulpun berbalas.

“Lagu Fajri Jilham ini bercerita tentang sebuah perhelatan, namun syairnya juga bisa disesuaikan. Misalnya tentang sejarah Siak dan sebagainya,” kata Wak Ujang.

Berlalunya Syamsuar bersama istrinya, Wak Ujang pun menutup keahliannya bermain musik. Syamsuar mengunjungi satu per satu stand bazar kecamatan bersama istrinya, dan pas di stand Kecamatan Sungai Mandau, kemesraan itu terecam.

Baca juga :  Jalan Sehat KPU Siak Diikuti Seluruh Ketua Parpol

Syamsuar terlihat menyuap kolak pisang ke mulut sang istri. Tanpa ragu Hj Misnarni pun menganga dan melahap makanan yang disuap sang suami. Kemesraan itu tak disia-siakan sejumlah wartawan dan PNS, sehingga dalam waktu sekejab foto kemesraan itu beredar kemana-mana.

Wakil Bupati Siak, Alfedri, saat mengunjungi salah satu stand bazar.

Diketahui, sebanyak 46 stand bazar di Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XVII Kabupaten Siak ini menampilkan berbagai macam hasil kerajinan dan olahan makanan serta produk unggulan daerah melalui masing-masing kecamatan dan OPD.

Stand bazar itu baru bisa dikunjungi Bupati Siak Syamsuar dan rombongan usai dibuka secara resmi Wakil Bupati, Alfedri, yang ditandai dengan pelepasan balon serta pengguntingan pita di gerbang masuk stand bazar oleh Ketua TP PKK Kabupaten Siak, Hj Misnarni.

Selain Bupati Syamsuar beserta istri, Wakil Bupati Alfedri beserta istri, Sekda Siak beserta istri, Ketua DPRD beserta istri, Dandim 0303 beserta istri, juga mengunjungi satu per satu stand bazar dan mencicipi menu yang dihidangkan.

Baca juga :  Tak Patut, Dua Emak-emak di Bengkalis Ini Ditangkap Sedang Nyabu

Alfedri menyampaikan, melalui pameran bazar MTQ sangat tepat untuk kabupaten dan kecamatan menampilkan produk hasil kerajinan dan makanan sebagai upaya peningkatan ekonomi kemasyarakatan dan membangun sentra-sentra kerajinan sebagai basis ekonomi kerakyatan.

“Kita sama-sama mengetahui, begitu banyaknya potensi daerah yang membutuhkan tangan-tangan terampil untuk mengemas potensi tersebut menjadi produk unggulan di masing-masing kecamatan yang ramah lingkungan serta dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat,” ujar Alfedri.

Bazar ini merupakan salah satu upaya Pemkab Siak dalam memperkenalkan dan mempromosikan produk unggulan daerah.

Adanya pameran dan bazar diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal hasil produk daerahnya dan mencintai produk-produk karya masyarakat Siak sendiri. Sehingga Alfedri yakin masyarakat Siak bisa mengembangkan ekonomi produktif dan kreatif yang tidak kalah dengan daerah lain. (hidayat)