Senin, 29 Januari, 2018 1:49 pm

“Gong” Pementasan Teater di Riau 2018 Bermula dari Rengat

RiauKepri.com, PEKANBARU – Komunitas RT 913 Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), ‘membuka’ pergelaran teater di Riau tahun 2018 ini. Tidak tanggung-tanggung, Komunitas RT 913, yang dinahodai Ade Putra Indra ini, mengusung dua pergelaran teater sekaligus. “Pagi Bening” naskah yang ditulis Serafin dan Joaquin Alvarez Quintero dengan sutradara Walmi Solihat dipentaskan hari Kamis (25/1/2018). Sementara itu pementasan kedua dengan judul “Pinangan” naskah ditulis Anton Chekov disutradarai Riri Amanda Fitrana, dipentaskan pafa hari Jumat (26/1/2018). Kedua pementasan ini berlangsung di gedung seni Dewan Kesenian Kabupaten Inhu.

Baca juga :  Kejuaraan Karate Unilak Diikuti 475 Atlet dari Berbagai Daerah Riau

Kedua pementasan ini, membuktikan bahwa pementasan teater di Riau tidak berpusat di Pekanbaru. Geliat teater di kabupaten dan kota Provinsi Riau, terus memperlihatkan keberadaannya. Selain di Inhu, Kabupaten Indragiri Hili (Inhil), Siak, dan Rokan Hilir, juga memperlihatkan denyut nadi teater. Pada akhir tahun 2017, di tiga kabupaten yang disebutkan di atas, juga melaksanakan pementasan teater.

Tentu saja, apa yang dilakukan para pekerja teater di kawasan Riau ini, terutama di kabupaten dan kota, membawa angin segar kehidupan teater di Tanah Melayu ini. Mudah-mudahan, pada tahun 2018 menjadi tahun kebangkitan kembali teater di Riau. Apa yang dilakukan oleh Komunitas RT 913 Rengat menjadi cambuk geliat teater di awal tahun ini. Semoga. (RK2)