Senin, 23 April, 2018 10:19 am

Hari Kartini, Sekda Inhil: Perjuangan Kartini Patut untuk Dijadikan Motivasi Bagi Kaum Wanita

RiauKepri.com, TEMBILAHAN – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Inhil H Said Syarifuddin SE MP MSn menghadiri Puncak Peringatan Hari Kartini Tahun 2018, Sabtu (21/4/2018). Peringatan ke-139 ini menjulang tema “Nyalakan Pelita Kebudayaan, Terangkan Cita-cita Pendidikan.”

Acara ini ditaja oleh Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) bekerjasama dengan seluruh organisasi wanita Kabupaten Inhil. Bertempat di Aula Gedung Wanita Jalan Baharuddin Yusuf Tembilahan, turut hadir Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Inhil Hj Sy Rohana Syarifuddin, Unsur Forkopimda Inhil, Ketua Organisasi-organisasi Wanita Inhil beserta anggota, dan para undangan.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini ialah untuk mengenang dan menghargai perjuangan RA Kartini sebagai pahlawan emansipasi wanita, dan agar dapat memberikan inspirasi serta menularkan semangat Kartini kepada generasi penerus bangsa. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana, dr Hj Raihana Ara saat menyampaikan laporan.

Baca juga :  Syamsuar: Jadikan Keberagaman Sebagai Kekuatan Membangun Riau

Peringatan kali ini dimeriahkan dengan lomba tari kreasi oleh murid TK/ PAUD dan lomba menyanyi solo tingkat SMP/ sederajat yang telah dilaksanakan pada Kamis (19/4/2-18).

Sebelum menyampaikan sambutannya, Said Syarifuddin menyerahkan piala dan hadiah kepada pemenang lomba didampingi Ketua DWP Inhil dan rombongan. Selaku Pemerintah Kabupaten Inhil, Said memberi apresiasi kepada penyelenggara kegiatan.

“Raden Ajeng Kartini merupakan salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita, memperjuangkan kesamaan hak antara wanita dengan pria dalam berbagai hal, salah satunya hak dalam pendidikan. Perjuangan Kartini pada zamannya memang patut kita apresiasi. Dia memiliki semangat yang tinggi dan cita-cita yang luhur untuk memajukan kaum wanita di Indonesia, meskipun harus merubah budaya yang telah mengakar kuat pada masa itu, yakni budaya yang menyebabkan kaum wanita sulit untuk mengenyam pendidikan,” urai Said.

Baca juga :  Uluran Tangan AKBP Edy Sumardi Hingga ke Lampung

Said berharap agar perjuangan Kartini tersebut dapat dijadikan sebagai motivasi bagi para generasi muda terutama kaum perempuan.

“Dengan adanya Peringatan Hari Kartini yang biasa digelar setiap tanggal 21 April ini, kita bisa mengenang seorang tokoh wanita penting yang telah memperjuangkan hak kaum wanita di Indonesia. Perjuangan Kartini patut untuk dijadikan motivasi bagi kaum wanita untuk menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya, serta berkiprah di berbagai bidang,” ujarnya.

Kegiatan ditutup dengan penampilan tari kreasi dan menyanyi solo oleh para pemenang lomba. Penonton yang hadir memberi semangat dengan bertepuk tangan serta bersorak.(Adv)