Rabu, 19 Juli, 2017 10:55 am

Inginkan Kepri Jadi Lumbung Pangan, Jendral Moeldoko Lantik Alias Wello Pimpin HKTI

Ketua Umum HKTI, Jendral TNI (Purn) Dr. Moeldoko melantik Alias Wello menakhodai HKTI Kepri

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG — Program swasembada pangan di Kepri dinilai sangat positif sehingga Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) langsung mendeklarasi terbentuknya Dewan Pimpinan HKTI Provinsi Kepri yang dinahkodai oleh Alias Wello.

Alias Wello yang juga merupakan Bupati Lingga langsung dilantik oleh Ketua Umum HKTI Pusat, Jendral TNI (Purn) Dr. Moeldoko di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Selasa, (18/7/2017).

Ketua Umum HKTI Pusat, yang juga Mantan Panglima TNI ini mengharapkan Provinsi Kepri bisa menjadi lumbung pangan, dimana Provinsi Kepri merupakan Provinsi yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia dan Singapura.

“Kita harus mandiri, Kepri memiliki potensi yang baik jika menjadikan daerahnya sebagai swasembada pangan. Kepri ini provinsi strategis, dimana bertetangga langsung dengan negara Malaysia dan Singapura,” ujar Ketua Umum HKTI Pusat, Jendral TNI (Purn) Dr. Moeldoko dalam sambutannya.

Baca juga :  Dalmasri Syam: Beri Kemudahan dan Prioritas Kepada Investor

Menurutnya, Swasembada pangan yang direncanakan pemerintah daerah di Kabupaten Lingga turut didukung oleh Program Kementerian Pertanian.

“Tidak hanya itu, selain daerah, saya sudah berkonsultasi dengan Kementerian Pertanian bahwa Lingga merupakan tempat yang berpotensi besar bagi pertanian,”ucapnya.

Sementara itu, Ketua Harian HKTI Provinsi Kepri yang baru dilantik, Alias Wello mengatakan saat ini sudah tersedia 3000 Hektar tanah untuk lahan pertanian.

“Pemerintah Kabupaten Lingga sudah ada sekitar 3000 Hektar dan siap digunakan. Saya juga sebagai Bupati Lingga turut optimis dengan keinginan Ketua Umum HKTI bahwa kita harus kuat pangan dan mensejahterakan para petani,” ungkap Wello.

Baca juga :  Pembangunan Citra Aerolink Batam Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Lanjutnya, ia berterima kasih kepada Ketua Umum HKTI Pusat yang telah memperdayakan putra daerah melalui pelatihan dan pendidikan tentang bagaimana cara bertani yang baik.

“Dan saya berterima kasih kepada Ketua Umum HKTI Pusat yang telah memberikan kesempatan kepada putra daerah Kepri untuk memberikan hal yang terbaik dalam menjadikan daerah yang mandiri dalam pangan, kesemua yang ada saat ini juga mendapat perhatian dari kementrian, sehingga mendapatkan ribuan hektar lahan untuk pertanian,” katanya.(RK/MSA)