Senin, 21 Agustus, 2017 11:40 am

Ini Kata Presiden Trump Soal Kapal Perang AS Tabrakan di Selat Malaka

RiauKepri.com, WASHINGTON — Kapal perang Amerika Serikat (AS) USS John S McCain yang tabrakan dengan kapal niaga di timur Selat Malaka, dekat Indonesia dan Singapura, direspons Presiden Donald Trump. Lima pelaut Washington terluka dan sepuluh pelaut lainnya hilang akibat tabrakan kapal pagi ini (21/8/2017).

“Itu terlalu buruk,” ucap Presiden Trump kepada wartawan yang meminta komentarnya terkait insiden tersebut, sebagaimana dilansir NBC News.

Respons Trump memicu kritik para warga AS secara online. Kebanyakan menilai komentar pemimpin Gedung Putih itu tidak sopan dan tidak peka.

Seperti diberitakan sebelumnya, kapal perang jenis perusak atau destroyer AS itu tabrakan dengan kapal niaga AN Alnic MC yang diduga milik Singapura. Tabrakan terjadi ketika kapal USS John S McCain sedang menuju Singapura untuk transit.

Baca juga :  RUU Daerah Kepulauan, Spirit Memanfaatkan Laut untuk Kejayaan

“Laporan awal mengindikasikan (kapal) John S McCain mengalami kerusakan pada sisi portanya,” kata pihak Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan. Transit ke Singapura merupakan kunjungan rutin kapal perang Pentagon.

Pihak Angkatan Laut Washington menyatakan, sepuluh pelaut AS yang hilang masih dalam pencarian. Sedangkan kondisi lima pelaut yang terluka belum ditentukan.

Armada ke-7 Angkatan Laut AS melalui akun Twitter-nya, @US7thFleet mengonfirmasi lokasi tabrakan. “(Kapal) USS John S McCain terlibat tabrakan dengan kapal dagang di sebelah timur Selat Malaka,” bunyi tweet armada tersebut yang dikutip SINDOnews.

Baca juga :  Kasus Dua Anggota DPRD Nyaris Bertumbuk, Ini Aksi Ninik Mamak

“Tingkat kerusakan dan cedera personil sedang ditentukan,” imbuh pernyataan Angkatan Laut AS. Kondisi para pelaut AS yang terluka belum diketahui.

Kerusakan kapal dagang AN Alnic MC juga belum diketahui. Misi pencarian dan penyelamatan atau SAR saat ini sedang berlangsung.

“Prioritas pertama kami adalah menentukan keamanan kapal dan awak kapal. Seiring semakin banyak informasi yang dipelajari, kami akan membagikannya,” kata Kepala Operasi Angkatan Laut ke-31 AS, Laksamana John Richardson melalui akun Twitter @CNORichardson.

USS John McCain adalah kapal destroyer Arleigh-Burke-class yang jadi bagian dari Armada ke-7 Angkatan Laut AS. Pelabuhan rumahnya adalah Yokosuka, Jepang.(RK/NBC/Sdn)