Minggu, 4 Maret, 2018 2:24 pm

Ini Rahasia Kesuksesan Polda Kepri

RIAUKEPRI.COM, BATAM – Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi mengakatakan kesuksesan yang diraih dan ditorehkan Polda Kepri dan jajarannya selama 13 tahun terakhir ini diakuinya, tidak terlepas dari berkat dukungan masyarakat dan stake holder yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

“Dalam catatan sejarah suatu Organisasi tentu terdapat perjuangan dan pengorbanan, yang merupakan momentum-momentum yang tidak bisa kita hilangkan,”kata Irjen Didid Widjanardi pada peringatan HUT Polda Kepri ke 13 (3 Maret 2005-3 Maret 2018), di Mapolda Kepri, Batubesar, Nongsa, Batam, kemarin.

Demikian halnya dengan berdirinya Polda Kepri ini, ungkap Didid, sebelum berpisah dengan Polda Riau di masa lalu, telah melalui berbagai proses yang menghasilkan pemikiran terbaik dari pimpinan Polri dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah Kepri ini sehingga Polda Kepri dapat terbentuk guna memberikan rasa aman dan tenteram di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

“Berdasarkan SK Kapolri Nopol Skep/09/III/2005 Tanggal 3 Maret 2005, telah dibentuk Polda Kepri dengan status Polda Persiapan, yang sebelumnya merupakan bagian dari Polda Riau yang terdiri dari 6 Satker Kewilayahan, Poltabes Barelang, Polresta Tanjung Pinang, Polresta Tanjung Balai Karimun, Polres Natuna, Polres Lingga, Polres Bintan,”ujarnya.

Selanjutnya, jelas dia, berdasarkan SK Kapolri Nopol Skep/22/VII/2006 Tanggal 20 Juli 2006, kemudian Polda Kepri di tingkatkan statusnya dari Polda Persiapan menjadi Polda Type B2 dan pada tanggal 22 Agustus 2008 Gedung Mapolda Kepri telah diresmikan dan dipergunakan yang terletak di Jalan Hang Jebat Batu Besar, Nongsa, Batam.

Baca juga :  Awal April, Polda Kepri Mutasi Ratusan Perwira, Bintara dan PNS

“Kini berdasarkan SK Kapolri No Pol Skep/1096/X/2016, Tanggal 25 Oktober 2016, Polda Kepri telah ditingkatkan statusnya menjadi Polda Tipe A dan dengan peningkatan Tipe menjadi Polda Tipe A, Polda Kepri menambah 1 Polres yaitu Polres Kepulauan Anambas. Tentunya hal ini juga terwujud untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,”ungkapnya.

Menurut Didid, sSemua yang pihaknya lakukan dalam kurun waktu 13 tahun Polda Kepri ini, kesuksesan dan pencapaian Polda Kepri semuanya dalam melaksanakan tugas tidak terlepas dari bantuan, dukungan serta kerjasama dengan masyarakat dan seluruh stake holders.

“Kondisi seperti itu harus tetap dipertahankan dan tingkatkan terus sehingga nama baik Polda Kepri akan semakin besar di mata masyarakat khususnya di Wilayah Kepulauan Riau,”ingatnya dihadapan personel Polda Kepri dan tamu undangan yang menghadiri Apel Peringatan HUT Polda Kepri ke 13 di Mapolda Kepri.

Dijelaskaannya, dalam mengelola berbagai isu keamanan serta tantangan tugas, Polda Kepri masih terus berupaya semaksimal mungkin menampilkan kinerja yang lebih baik, khususnya dalam mengatasi berbagai jenis kejahatan yang terus berkembang, baik kejahatan konvensional, kejahatan transnasional, kejahatan terhadap kekayaan negara maupun kejahatan yang berimplikasi kontinjensi.

“Kasus-kasus besar yang telah diungkap polda Kepri seperti Narkoba, BBM, Illegal Fishing, Trafficking Inperson, Perompakan dan Pencurian, semakin banyak yang dituntaskan sehingga tidak jarang Polda Kepri mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak,”urainya.

Baca juga :  Kapolda dan Ketua DPRD Kepri Bahas Kinerja dan Sejumlah Kasus

Di akhir sambutan, Kapolda Kepri mengajak kepada seluruh personel Polda Kepri, untuk bahu mambahu dan menjaga soliditas untuk membesarkan nama baik Polda Kepri yang dicintai ini menjadi Polda yang berprestasi dengan melaksanakan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara.

“Laksanakan tugas secara profesional, dengan tidak mencederai hati masyarakat. Tunjukkan peran, sikap dan perilaku tauladan sebagai anggota polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya,”tukasnya.

Selesai melaksanakan upacara Kapolda Kepri memberikan Penghargaan Kepada Personil Polda Kepri yang berprestasi dalam pengungkapan kasus Narkotika di wilayah Hukum Polda Kepri. Penghargaan juga diberikan kepada Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat yang berperan aktif membantu Polda Kepri dalam pengungkapan kasus dan pencegahan berkembangnya terorisme di wilayah Kepulauan Riau. Selanjutnya dilaksanakan kegiatan syukuran di Graha Lancang Kuning Polda Kepri.

Upacara HUT Polda Kepri ke 13 yang dilaksanakan di Lapangan Hijau Polda Kepri, Sabtu (3/3/2018) sekira pukul 08.00 wib kemarin itu dihadiri Gubernur Provinsi Kepri yang mewakili, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Unsur FKPD Provinsi Kepri, Wakapolda Kepri, Para pejabat utama Polda Kepri, Ketua Bhayangkari Daerah Kepri beserta pengurus, Para Kapolres/Kapolresta jajaran Polda Kepri, para tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan Aparatur Sipil Negara di Polda Kepri serta para tamu undangan. (r/helmy)