Kamis, 24 Agustus, 2017 10:27 pm

Inilah Upaya Agar Dana Desa di Bintan Tepat Guna dan Tepat Sasaran

RiauKepri.com, BINTAN — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bintan dan Kejaksaan Negeri Tanjungpinang menggelar Sosialisasi Dana Desa dan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D), Kamis (24/8/2017). Sosialisasi dihadiri oleh Tim Pembina Dana Desa Kabupaten yang terdiri dari Kepala OPD Tekhnis, Camat, Seluruh Kepala Desa, Sekdes, Bendahara Desa serta jajaran desa terkait lainnya.

 

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan, Ronny Kartika mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan adalah dalam rangka memberikan pemahaman tentang pengelolaan keuangan desa.

 

“Kegiatan ini dalam rangka memberikan pemahaman tentang administrasi dan pengelolaan keuangan desa kepada seluruh aparatur desa di Kabupaten Bintan. Hal ini agar aparatur desa lebih memahami baik sisi perencanaan, pengelolaan hingga tata cara pencairan dana desa,” ujarnya.

Baca juga :  Turnamen Busung Cup Tahun 2017, Wadah Bakat Muda Mengembangkan Diri

 

Kajari Tanjungpinang, Herry Ahmad Pribadi dalam sambutannya mengatakan bahwa dana desa adalah dana pemerintah yang dipergunakan untuk pembangunan desa. Penggunaan dana desa harus tepat guna dan tepat sasaran.

 

“Pengelolaan dana desa harus transparan dengan perencanaan dan pengelolaan yang baik,” ujarnya.

 

Menurutnya, pihak Kejaksaan siap memberikan pengawalan dan pendampingan kepada aparat desa sekiranya ada keraguan dalam menjalankan program dana desa yang menjadi program prioritas nasional.

 

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengungkapkan bahwa pagu dana desa di Kabupaten Bintan dalam 3 tahun terakhir mencapai Rp66,6 Miliar. Untuk itu, kepala desa hendaknya bisa memainkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di desanya. Pemerintahan desa juga hendaknya dapat mensinkronisasikan anggaran desa dengan APBD, sehingga wujud pembangunan dapat berjalan seiringan.

Baca juga :  Gubernur Kepri Senang Banyaknya Kelompok Tani yang Fokus dengan Produk Unggulan

 

“Lakukan yang terbaik, pahami dan pelajari sistem pengelolaan keuangan desa dengan sebaik-baiknya. Manfaatkan potensi yang dimiliki desa untuk pembangunan. Sehingga masyarakat mendapatkan manfaat dari Pembangunan tersebut,” ujarnya.

 

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan sosialisasi penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahun 2017 Oleh Bank Riau Kepri dan PD. BPR Bintan.(RK/OP)