Kamis, 31 Agustus, 2017 8:26 am

Innalillahi wa Innailaihi Rojiun, Selamat Jalan Bang Aca

RiauKepri.com, PEKANBARU – Dunia seni rupa Riau berduka dengan berpulannya ke Rahmatullah Amarsyah. Amarsyah atau lebih akrab disapa Bang Aca oleh seniman Riau ini, menghembuskan nafas terakhirnya malam tadi, Selasa (30/8/2017) di Rumah Sakit PMC Pekanbaru.

Kabar duka ini didapat RiauKepri.com melalui status fb pelukis Riau Yudi Ys di group Perupa Riau. “Telah wafat bang aca amarsyah (mahdaq) (pelukis Riau) jam 10 malam tadi di rumah sakit PMC-Pekanbaru, almarhum akan dimakamkan besok siang (hari ini),” tulis Yudi.

Bang Aca selama hidupnya dikenal seorang yang mudah bergaul dengan siapapun juga. Selain itu, pembawaannya yang lemah lembut dalam bertutur membuat almarhum mudah akrab dengan siapapun juga. Tak heran apabila Bang Aca terlihat berkumpul dan berdiskusi bersama seniman lintas percabangan seni lainnya.

Baca juga :  50 Pendukung Siap Julang "Raja Kecil"

“Ya, Riau kehilangan seorang seniman lukis yang memiliki sopan santun dalam bertutur dan tingkah lakunya. Bang Aca mengidap penyakit jantung,” tutur Yuserizal Zen, Kepala Dinas Kebudayaan Riau yang malam tadi menjenguk di rumah sakit.

Yoserizal juga menambahkan bahwa semasa hidup, Bang Aca tidak pernah mengotak-ngotakkan diri. Dengan siapapun juga, kata Yoserizal, Bang Aca selalu bergaul dan cepat menyesuaikan diri.

“Sebelumnya kami menunjuk beliau sebagai instruktur lukis untuk anak-anak di kegiatan Dinas Kebudayaan. Semasa hidupnya, beliau juga pernah menjadi anggota DKR untuk Komite Seni Rupa,” jelas mantan Ketua II DKR di massa Eddy Ahmad RM ini, yang sekarang terpilih menjadi Ketua Umum DKR.

Baca juga :  Seniman Teater Riau Turun ke Jalan

Semoga amal ibadah Amarsyah alias Bang Aca semasa hidupnya diteria oleh Allah SWT. Amin. Selamat jalan Bang Aca. (Kafrawi)