Jumat, 2 Februari, 2018 11:51 am

Kades di Meranti Taubat dan tak Mau Macam Ayu Tinting

RiauKepri.com, MERANTI- Ketua Forum Kades se Kabupaten Kepuluan Meranti, Edi Murkan, menyatakan sudah taubat dan tak ingin seperti Ayu Tinting.

Apa yang dikatakan Edi yang juga Kepala Desa (Kades) Lemang, Kecamatan Rangsang, itu terkait sambutan Bupati Meranti, Irwan, saat membuka Rakor Manajemen Desa, bahwa Kades harus satu persepsi dengan pemerintah daerah dan jangan selingkuh.

“Saya sudah taubat, tidak ada lagi selingkuh. Namun kami juga tak mau seperti Ayu Tinting yang Salah Alamat,” kata Edi saat mendapat kesempatan pertama bertanya dalam rakor tersebut.

Dua pertanyaan Kades lainnya hampir sama, mereka mengatakan ke depan kepedulian pemerintah lebih diharapkan lagi, terutama daerah pesisir yang semakin terkikis akibat abrasi.

Baca juga :  Ketua DPD PDI Perjuangan Riau Kordias Pasaribu Dicopot
Edi Murkan saat bertanya.

Menanggapi pertanyaan Kades ini Bupati Meranti, Irwan, menyampaikan agar Kades rasional dengan janji-janji bantuan desa yang tak masuk akal. Apalagi kondisi keuangan APBD Riau yang tidak mungkin memberi bantuan dengan jumlah Rp 500 juta per desa.

“Jangan mau dengan janji-janji bohong, kita jangan mau jadi Kades yang bisa dibodohi. Malu kita sebagai orang Meranti. Ibarat lagu Minang, Ta kicuah di nan tarang,” ungkap Irwan.

Terkait masalah abrasi, kata Irwan, memang hal ini menjadi persoalan bagi Meranti. Namun sudah dianggarkan pada tahun 2018 ini untuk dibuat tanggul-tanggul.

Baca juga :  Garda Pemuda Nasdem Riau Buat Gerakan #2018GantiGubri

“Selain itu, Pemkab Meranti juga sudah menganggarkan pembangunan jalan hokmix di Kampung Balak dan pembangunan jambatan,” beber Irwan.

Sementara itu, Bupati Siak Syamsuar, yang menjadi nara sumber dalam Rakor tersebut menyebutkan, terkait bantuan desa perlu dibuat formasi yang wajar dan bukan sekedar janji belaka.

“Bantuan desa ini harus karena ini adalah amanat Undang Undang
Bantuan ini juga harus adil yang profesional sesuai kebutuhan desa,” ungkap Syamsuar. (hidayat)