Jumat, 4 Agustus, 2017 1:34 am

Kapolres Bintan Ajak Warga Menjadi Polisi Bagi Diri Sendiri

Purwanto, tersangka pelaku curas

RiauKepri.com, BINTAN — Kapolres Bintan, AKBP Febrianto Guntur Sunoto SIK mengimbau kepada seluruh masyarakat Bintan dan sekitarnya untuk senantiasa berhati-hati saat keluar malam. Pasalnya, di beberapa lokasi mulai rawan tindak kejahatan. Seperti pada Jumat (28/7) lalu, terjadi tindakan kriminal berupa pencurian dengan kekerasan (curas) di Jalan Kampung Baru, Sei Lekop, Kecamatan Bintan Timur.

“Kepada masyarakat diimbau dengan tegas untuk berhati-hati jika keluar di malam hari. Khususnya di lokasi-lokasi yang sepi dan keberadaan penduduknya masih jarang,” tegasnya melalui Whatsapp, Kamis, (03/08).
Tak sekedar mengimbau, Kapolres pun berharap masyarakat agar dapat meningkatkan kewaspadaan serta menjadi polisi bagi diri sendiri.
Terkait kasus pencurian dengan kekerasan yang menimpa gadis belia berinisial ER, Jumat pekan lalu, polisi berhasil menangkap pelaku setelah lima hari kejadian. Pelaku bernama Purwanto menganiaya dan mengikat ER, lalu dibuang di semak-semak dan menyikat harta benda korban berupa sepeda motor, tas dan dua unit handphone.
Sejak kasus ini mencuat, Kapolres terus memantau perkembangan sampai akhirnya Purwanto dibekuk. Dia berpesan kepada Kapolsek Bintan Timur agar hal ini jangan sampai terjadi lagi. Kapolres minta cukup sekali ini saja kasus seperti itu di Bintan. Apalagi dalam peta kamtibmas Polres Bintan, wilayah hukum Bintan Timur masuk kategori wilayah aman dan tertib.
Kapolsek Bintan Timur, Andi Rahman juga berharap, cukup satu kali saja kasus ini terjadi di wilayahnya. Dan sesuai pinta Kapolres, setiap kasus yang terjadi akan diungkap secepatnya.
Senada Kapolres, Andi Rahman juga mengingatkan agar warga berhati-hati. Terutama bergaul dalam alam maya atau media sosial. Ditengah sulitnya kondisi saat ini, cukup banyak potensi bisa memicu terjadinya tindak kriminal.
“Jangan mudah percaya dengan berbagai iming-iming di media sosial. Banyak kasus-kasus kejahatan pintu masuknya lewat media sosial. Sudah banyak kejadian karena ketidakhati-hatian yang bisa diambil pelajaran,” katanya.(RK/OP)
Baca juga :  Bupati Bintan Berikan Motivasi, PS Bintan Lolos ke 32 Besar Liga 3 Nusantara 2017