Senin, 26 Februari, 2018 5:46 pm

Kasat Lantas : Kelancaran dan Ketertiban di Jalan Kepuasan Bagi Satlantas Polresta Barelang

RiauKepri.com, BATAM – Anggota dan Perwira Satuan Lalu Lintas Polresta Barelang tidak pernah lelah memberika pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan raya, mulai dari pagi, sore bahkan hingga malam minggu turun ke lapangan ke pusat-pusat keramaian di sejumlah titik lokasi rawan kemacetan di Kota Batam.

Mereka ikhlas meskipun terkadang malam minggu mereka harus meninggalkan anak dan keluarga mereka demi tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang membutuhkan rasa aman, nyaman dan tertib khususnya di jalan raya.

“Bagi kami kelancaran dan ketertiban masyarakat di jalan suatu kepuasan bagi anggota Satlantas Polresta Barelang,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati kepada riaukepri.com, di Mapolresta Barelang, Baloi, Batam, Kepri, Senin (26/2/2018).

Ia mengatakan tujuan kegiatan anggota dan perwira ke lapangan guna memberikan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas serta kenyamanan warga Kota Batam dalam berkendara di jalan raya. Adapun pusat keramaian yang jadi sasaran Personil Satlantas di antaranya Mega Mall Batam Center, Nagoya Hill Nagoya, Kepri Mall Simpang Kabil, Batam City Square (BCS) Mall Penuin dan Diamond City (DC) Mall Tanjunguma dan lain-lain.

Baca juga :  60.000 Jamaah Ikuti Zikir Haul Akbar ke 8, Doakan Batam Aman dan Semakin Maju

“Setiap malam minggu kita (personil Satlantas) melakukan kegiatan turun ke jalan pengamanan tempat-tempat keramaian atau rawan kemacetan yang ada di kota Batam. Mengingat semakin padatnya arus lalu lintas yang dikarenakan semakin bertambahnya volume kendaraan. Semua personil Satlantas Polresta Barelang turun ke lapangan. Kita juga mencegah berbagai macam aksi tindakan kejahatan jalanan jika ditemukan,”ujarnya.

Menurutnya, ini semua sesuai dengan tugas Polisi Lalu Lintas adalah melaksanakan Tugas Polri di bidang Lalu-lintas yang meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan dalam pengendalian Lalu-lintas untuk mencegah dan meniadakan segala bentuk gangguan serta ancaman agar terjamin keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran Lalu-lintas di jalan umum.

“Pokoknya Kita menyelenggarakan kegiatan pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli di sepanjang jalan raya lingkungannya. Melaksanakan penindakan pelanggaran lalu-lintas dan penanganan pertama TKP kecelakaan lalu-lintas di sepanjang jalan yang menjadi tanggungjawabnya,”jelasnya.

Selain itu, satlantas juga bertugas melaksanakan penindakan kriminalitas yang terjadi disepanjang jalan atau melalui jalan tempat kejadian perkara. Mengirimkan berkas perkara pelanggaran lalu-lintas ke pengadilan dan berkas penanganan pertama kecelakaan lalu-lintas dan kriminalitas ke satuan kewilayahan sesuai dengan tempat kejadian perkara. Membuat rencana dan program kegiatan PJR dalam menghadapi ancaman Kamtibmas di jalan dalam beat wilayah tugasnya.

Baca juga :  Ketua Dewan Pers Soroti Pesatnya Media Siber di Kepri

“Kita juga senantiasa memelihara sarana pendukung tugas sesuai dengan spesifikasi, kualitas dan kuantitasnya. Melaksanakan pedoman/petunjuk dan prosedur tugas-tugas PJR. Mengadakan koordinasi dan kerjasama dalam rangka melaksanakan pengkajian terbatas, penegakan hukum gabungan (emisi, teknik laik jalan), penelitian kecelakaan lalu-lintas dan survey rute perjalanan VVIP/VIP,”ungkapnya.

Disamping tugas tersebut, Satlantas juga melaksanakan kegiatan Dikmas lantas kepada masyarakat pemakai jalan dan Melaksanakan pengawasan, analisa dan evaluasi pelaksanaan tugas PJR secara kualitatif dan kuantitatif dengan berjenjang dari Unit PJR sampai dengan Den PJR.

“Sedangkan peranan Polisi Lalu Lintas adalah sebagai Aparat penegak hukum lalu lintas, Aparat penyidik kecelakaan lalu lintas, Aparat yang memiliki kewenangan tugas polisi umum dan unsur bantuan komunikasi dan lain-lain,”pungkasnya. (helmy)