Kamis, 1 Maret, 2018 2:51 pm

Kaswandi Kenalkan Masyarakat Tidak Takut dengan Polisi

Riaukepri.com, PELALAWAN – Polres Pelalawan akhirnya memiliki Taman Lalu- Lintas Setia Paramasatwika dengan luas 500 m2, hal ini hasil inovasi dari Kasatlantas AKP Mas’ud Ahmad.

Kapolres Pelalawan, AKBP Kaswandi Irwan, didampingi Kasubdit Dikyasa Polda Riau, AKBP Elvanis, Perwira Jajaran Polres Pelalawan, Pengurus Ibu-ibu Bhayangkari, Pocil, Masri dari Disdik Pelalawan dan Stakeholder PT RAPP diwakili Matius, Kamis (1/3/2018) bersama meresmikan Taman Lalu-Lintas Setia Paramasatwika di Mapolres Pelalawan.

“Taman lalu lintas ini dibuat karena kepedulian akan kesadaran keselamatan lalu lintas. Kesadaran ini dipekenalkan dari usia dini dengan cara bermain. Diharapkan dari adanya fasilitas ini kesadaran keselamatan ditingkatkan. Dari usia dini, sudah peduli akan tata tertib di jalan,” kata AKP Mas’ud Ahmad.

Kemudian, Taman Lalu Lintas ini dapat diperkenalkan bagi Anak-anak usia minimum (berusia 10 tahun dalam beberapa kasus) diperbolehkan untuk menggunakan sepeda atau mobil bertenaga pedal untuk menavigasi jalan-jalan dengan orangtua mereka yang dapat memberikan bimbingan dalam lingkaran taman dan beroperasi sesuai dengan peraturan lalu lintas.

Baca juga :  Ini Janji 4 Ribu Emak-emak Majelis Taklim Bunut Kepada Syamsuar

Kaswandi berpesan, semoga pembangunan Taman Lalu Lintas ini dapat bermanfaat bagi anak-anak kita untuk pengenalan lalu lintas dari dini.

“Alhamdulillah, inovasi dari Kasatlantas dengan dukungan perusahaan hibah PT RAPP ini dapat terwujud sehingga dapat memberikan edukasi bagi anak-anak usia dini. Adanya edukasi seperti ini dapat mendekatkan kepada anak cinta kepada polisi, dari kecil mereka sudah dibawa mengenal dan mencintai polisi bertolak belakang dengan dulu takut dengan polisi,” jelas Kaswandi.

“Mari kita mengubah mindset masyarakat untuk tidak takut pada polisi lalu lintas tapi takutlah terhadap aturannya” himbau Kaswandi.

Kemudian AKBP Elvanis menambahkan, keselamatan lalu lintas adalah tanggung jawab kita bersama sebagai pengguna jalan, dan lalu lintas adalah urat nadi kehidupan dalam berlalu lintas”. Terimakasih kepada stakeholder berpartisipasi dalam pembangunan Taman Lalu Lintas Polres Pelalawan.

Tambahnya, perlunya kita menanamkan budaya tertib lalu lintas mulai dari usia dini. Kita berharap kepada seluruh jajaran untuk tetap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas menyampaikan kepada keluarga terkecil, tetangga dan sahabat kita untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

Baca juga :  Kejuaraan Karate Unilak Diikuti 475 Atlet dari Berbagai Daerah Riau

“Seperti yang disampaikan, bagaimana kita tidak perlu takut karena pakai helm tetapi takutilah apa yang terjadi bila terjadi kecelakaan lalu lintas. Kepolisian mulai tanggal 5 Maret akan melalukan operasi dengan sandi Operasi Keselamatan mengajak kita semua tertib berlalu lintas, mulai tanggal 5 sampai 21 hari kedepan akan dilakukan operasi,” ujar Elvanis.

Matius, perwakilan PT RAPP mengatakan, ” pihaknya mendukung sekali adanya Taman Lalu Lintas ini agar anak-anak mengerti Lalu Lintas termasuk anak-anak di PT RAPP juga”. Anak-anak kan bisa datang ke Taman Lalu Lintas dan tahu akan peraturan lalu lintas, pendidikan itu kan harus dari kecil (usia dini) tertib lalu lintas.

“Harapan kita PT RAPP selalu mendukung untuk kepentingan masyarakat, salah satunya membantu hibah pembangunan Taman Lalu Lintas di Mapolres Pelalawan ini,” ujarnya. (RK5)