Rabu, 26 Juli, 2017 8:28 am

Kebakaran Melanda Hutan Lukit, Meranti

RiauKepri.com, MERANTI– Sejak pukul 15.00 WIB Selasa (25/7/2017) hingga dinihari Rabu (26/07/2017), Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Desa Lukit, Kecamatan Merbau, Kabupaten Meranti, terus berlangsung. Sudah 8 haktar lahan habis dilalap si jago merah itu.
Pj Kepala Pelaksana BPBD Kepulauan Meranti, M Edy Afrizal MH, ketika dihubungi riaukepri.com lewat telepon genggamnya Selasa malam sekitar pukul 23.40 WIB, menyebutkan Karlahut masih terjadi di Desa Lukit.
“Belum tahu penyebab Karlahut itu, yang jelas api melahap semak blukar dan sedikit tanam pohon getah yang masih kecil. Sore tadi lahan yang terbakar hanya 5 haktar namun sekarang sudah 8 haktar,” kata Edi.
Cepatnya api merambah lahan, jelas Edi, lantaran lokasi kebaran kering dan angin juga kencang. “Apakah di lokasi kebakaran tersedia air untuk pemadaman atau tidak, saya belum tau pasti,” kata Edi.
Karena kebakaran terjadi pada petang tadi, kata Edi, sehingga petugasnya belum berada. Sesuai rencana BPBD baru akan mengirimkan personil ke Lukit, Rabu (26/7/2017) pagi.
“Paling 9 hingga 12 personil BPBD dilengkapi 3 unit mesin menuju Desa Lukit nantinya,” kata Edi. (RK-1)
Baca juga :  Sempena HSP Ke-89 di Meranti, Stop Semua Perdebatan