Rabu, 19 Juli, 2017 10:01 am

Kecewa Jatah Dari Provinsi Mengecil, Ini Aksi Masyarakat Rangsang

Bupati Meranti, Drs H Irwan MSi, saat bersalaman dengan warga Rangsang setelah menggelar Halal Bi Halal.

RiauKepri.com, MERANTI- Warga Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepuluan Meranti, merasa kecewa dengan Pemerintah Povinsi Riau. Betapa tidak, kucuran dana dari semakin mengenil sementara dikabarkan ada sebesar Rp9 triliun dana yang mengendap di Bumi Lancang Kuning ini.

Kekecewaan ini spontan diutarakan perwakilan tokoh masyarakat Kecamatan Rangsang, HM Fadil dalam acara Halal Bi Halal Pemkab Meranti bersama masyarakat Kecamatan Rangsang, Rabu (19/7/2017). Ia mengatakan, Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti terus berupaya membangun infrastruktur hingga kepelosok desa dan pembangunan yang dilakukan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat mulai dari pembangunan jalan poros, air bersih, jaringan listrik, jembatan dan lainnya. Namun, sebagai sebuah kabupaten baru dengan tingkat kemiskinan mencapai 30 persen, masih banyak yang harus dibenahi, dan amat disayangkan Meranti kurang mendapat dukungan anggaran APBD Provinsi Riau bahkan setiap tahun anggaran itu semakin berkurang.

“Tahun ini Kecamatan Rangsang hanya mendapat jatah 5 Miliar,” ujar HM Fadil kecewa, seraya menyebutkan, dia bersama masyarakat Rangsang menginginkan seorang pemimpin yang mampu memperjuangkan anggaran pembangunan untuk Meranti agar pembangunan dapat dilakukan secara adil dan merata.

“Jika ada perwakilan Meranti yang menjadi pemimpin Riau tentu pembangunan Meranti akan menjadi prioritas Jadi, kami sangat bangga kepada Bupati Drs H Irwan M.Si yang berani maju menjadi calon Riau I (gubernur), untuk itu kami masyatakat Rangsang akan mendukung Bupati menjadi Riau I agar dapat memberikan alokasi dana pembangunan yang lebih besar untuk Meranti,” ujar HM Fadil.

Baca juga :  Jelang Pelantikan, Ini Dilakukan Pengurus Demokrat Riau

 

Kehadiran Irwan dalam kegiatan Halal Bi Halal di Kecamatan Rangsang, diakui HM Fadil memberikan sebuah harapan bagi masyarakat Rangsang, dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat. “Kami masyarakat Rangsang sangat bangga melihat bupati yang tergugah hatinya ikut mencalonkan diri menjadi Riau I, mari kita dukung bersama-sama,” ajak HM Fadil.

 

Pada kesempatan tersebut, Irwan mengucapkan apresiasi kepada seluruh masyarakat Rangsang atas dukungan yang telah diberikan dalam membangun Meranti yang lebih baik lagi kedepannya. Irwan menyebutkan, Pemda Meranti telah berhasil menekan angka kemiskinan dari 43 persen menjadi 30 persen ditahun 2017 ini, hal itu berdasarkan laporan yang diterima Bupati dari

Badan Pusat dan Statistik (BPS), dan berdasarkan laporan BPS Kecamatan Rangsang merupakan kantong kemiskinan terbesar di Meranti. Berbagai upaya telah dilakukan Pemda Meranti dalam menekan angka kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat salah satunya dengan melakukan pemekaran desa dan kebijakan itu tak lain agar pembangunan infrastruktur semakin cepat kemiskinan semakin berkurang dan pelayanan masyarakat semakin terkontrol, efisien dan efektif.

Rencana pembangunan di Kecamatan Rangsang diakui Irwan sudah diprogram sejak beberapa tahun lalu namun karena terjadinya penurunan anggaran APBD daerah menyebabkan kemampuan Pemda untuk membangun semakin berkurang. Yang dibutuhkan adalah dukungan dana APBD Provinsi dan APBN.

Baca juga :  Ini Tanda-tanda Angin Segar Demokrat Usung Syamsuar

Saat Gubernur Riau dijabat H. Anas Ma’mun, kata Irwan, Pemerintah Provinsi Riau berjanji akan mengalokasikan anggaran APBD Provinsi Riau sebesar Rp100 miliar, namun seiring waktu berjalan anggaran itu semakin berkurang dan kini hanya tinggal setengahnya saja. Meski begitu dalam keterbatasan anggaran pembangunan Infrastruktur khususnya di
Kecamatan Rangsang terus dilakukan, seperti membangun jalan poros dari Desa Perangas, Desa Bokor dan Sendaur. Sementara jalan di Desa Kayu Ara dan Sonde susah relatif bagus, kedepan Pemda Meranti menginginkan jalan dari Desa Tanah Merah-Tanjung Kedabu-Tanjung Samak dapat terhubung. Dan kedepan Kecamatan Rangsang menuju Rangsang
Pesisir bisa terhubung sebelum tahun 2021.

Menyikapi dukungan masyarakat Rangsang yang mendorongnya ikut mencalon menjadi gubernur, Irwan mengucapkan terima kasih. Ia berharap niat masyarakat selama ini untuk bersama-sama Pemda lebih baik kedepan bisa terwujud. “Mari bersama-sama membangun komunikasi dan silahturahmi yang baik jika ada tokoh dari Meranti yang maju mari dukung
bersama jangan sampai saling menjatuhkan,” ujar Irwan. (RK1)