Selasa, 30 Januari, 2018 2:13 pm

Kemendagri Minta Provinsi Kepulauan Fokus Pada Orientasi Kelautan

RiauKepri.com, BATAM- Pemerintah pusat berharap penuh kepada pemerintah daerah bisa memaksimalkan pengelolaan daerahnya masing-masing, mulai dari eksploitasi, eksplorasi, pengelolaan sumber daya kelautan dan keamanan kelautan.

Harapan tersebut, disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo, saat menghadiri Konferensi Pemerintah Daerah Kepulauan bertempat di Meeting Room Swiss Bell Hotel Harbour Bay, Batam, Kepri, Senin (29/1/2018) pukul 09.30 WIB.

Menurut Hadi Prabowo, adapun provinsi di Indonesia yang masuk ciri-ciri kepulauan yaitu Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Provinsi Bangka Belitung (Babel), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Provinisi Nusa Tenggara Barat (NTB), Provinsi Maluku, Provinsi Jambi, Provinisi Kalimantan Barat (Kalbar) dan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Baca juga :  Polda Kepri Resmi Umumkan Syarat Penerimaan Akpol, Bintara dan Tantama 2018, Ini Jadwalnya

“Akan Fokus kebijakan yang dibuat dengan orientasi kelautan dan kepulauan, kemudian melakukan pemerataan pembangunan dan pelayanan didukung oleh jaringan distribusi yang memadu,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan dilakukan secara terpadu berdasarkan keunggulan spesial dan potensi lokal, serta dekatkan rentang kendali dalam tugas pokok pemerintahan daerah pembangunan insfrastuktur memadai dan tingkatkan intensitas layanan angkutan laut reguler antar pulau.

“Kemendagri telah menyusun rancangan perundang-undangan tentang kewenangan daerah provinsi yang berciri kepulauan Indonesia yang dikenal dengan negara kepulauan yang terbentang luas, mulai dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote. Provinsi yang masuk ciri-ciri kepulauan,”jelasnya.

Setelah menyampaikan arahan dari Mendagri, Sekjen Kemendagri membuka Konferensi secara resmi dengan ditandai pemukulan Gong. Dalam kesempatan itu, Gubernur Provinsi Kepri memberi cendramata yaitu Tanjak yang menjadi ciri khas Kaum adan Melayu Kepada para Gubernur/wagub provinsi yang hadir dalam acara tersebut.

Baca juga :  Wabup Minta Panitia Evaluasi Pelaksanaan MTQ di Natuna

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPR RI, Wakil Ketua DPD RI, Direktur Transfer non Dana Perimbangan Ditjen Perimbangan Keuangan, Gubernur / wakil gubernur Se-Indonesia, Kapolda Kepri, Danrem 033/Wira Pratama, Danlantamal IV Tanjungpinang, Danlanud Raja Fisabilillah Tanjungpinang, Anggota DPD dan DPR RI, Bupati / Walikota se-Indonesia, Sekda Se-indonesia dan FKPD Provinsi Kepri. (helmy)