Kamis, 8 Maret, 2018 3:41 pm

Kemenkop RI Tegaskan Kepengurusan KBBDM Hasil RAT Sudah Sesuai Aturan

RiauKepri.com, JAKARTA – Kementrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM)  Republik Indonesia, akhirnya menegaskan bahwa Kepengurusan Koperasi Bukit Batu Darul Makmur (KBBDM)  Sungai Pakning Riau hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) Luar Biasa yang diketuai Suwotno Pranolo sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku. 

Hal itu terungkap saat pertemuan konsultasi antara Kemenkop RI dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang dihadiri 8 orang anggota Komisi III DPRD Bengkalis yang diketua Indrawan Sukmana,  Dinas Koperasi dan UKM Bengkalis yang diwakili Swiswantoro dan pengurus Koperasi BBDM Hasil RAT Luar Biasa yang dipimpin Suwotno Pranolo.

Selain itu terlihat juga Asisten Deputy Kepatutan Hukum Kemenkop & UKM RI Shalekkan,   dan Deputy Pengawasan Soeharto.

Pertemuan dipusatkan di kantor Kementrian Koperasi dan UKM Jakarta,  Kamis (8/3/2018).

“Dapat kami simpulkan bahwa  kepengurusan hasil rapat luar biasa sudah sah dan memenuhi ketentuan perundang – undangan yang berlaku. Seterusnya silakan melanjutkan kepengurusan, Namun pemerintah dalam hal ini dinas sampai kementrian tidak dalam rangka mengesahkan hasil RAT hanya sebatas penerima laporan,” tegas Shalekkan Asisten Deputy Kepatutan Hukum Kemenkop RI dalam pertemuan itu.

Baca juga :  Pemuda Pancasila Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Sungaipakning

Dijelaskan Shalekka tidak ada satu pasalpun dalam UU atau peraturan lainnya yang memberikan kekuasaan pd pemerintah mengesahkan kepengurusan koperasi.

Ketua Komisi III DPRD Bengkalis Indrawan Sukmana dalam kesempatan itu menyambut baik ketegasan Kemenkop RI dalam rangka menyelesaikan dualisme yang selama ini terjadi pada kepengurusan Koperasi BBDM.

“Dari konsultasi dengan Kemenkop ini kita mendapatkan titik terang,  bahwa kepengurusan hasil RAT Luar Biasa BBDM susah sesuai dengan peraturan dan perundang undangan yang berlaku,  dan hal itu tentu akan kita tindak lanjuti agar bisa diteruskan ke seluruh pihak yang terkait,  terutama PT Surya Dumai Agrindo yang beroperasi di wilayah kecamatan Bukit Batu,” tutur Indrawan.

Baca juga :  Ketua DPRD : Gaji Tenaga Kontrak Pemda Mesti Lebih Tinggi atau Sama dengan UMK Kabupaten

Sementara itu ketua Koperasi BBDM Suwitno Pranolo mengucapkan rasa syukurnya atas ketegasan dan kejelasan status koperasi yang dipimpinnya,  sehingga tidak ada kendala lagi untuk memperjuangkan hak – hak masyarakat pada kemitraan perkebunan plasma dengan PT SDA.

“Alhamdulillah Kementrian Koperasi maupun Pemkab Bengkalis dan DPRD Bengkalis sudah duduk semeja,  dan mendengar langsung bahwa kepengurusan kita sudah sah serta sesuai dengan peraturan perundang – undangan,  untuk itu dalam waktu dekat kita langsung bergerak untuk memperjuangkan hak – hak masyarakat kita bersama PT SDA,  kita berharap semua pihak mendukung penuh hasil pertemuan hari ini,” tutup Suwitno Pranolo. (RK4)