Senin, 28 Agustus, 2017 1:12 pm

Kentalkan Nasionalisme, Komuna Gelar Sarasehan dan Bagi-bagi Buku

RiauKepri.com, NATUNA — Komunitas Muda Natuna (KOMUNA) bersama Jaringan Jurnalis Indonesia (JJI) Natuna kembali akan melaksanakan sarasehan wawasan kebangsaan pada Selasa 29 Agustus 2017.

Ketua Panita Sarasehan, Riky Rinovsky mengatakan, kegiatan ini diikuti mahasiswa dan pengurus OSIS sekolah menengah atas dimana tiap sekolah mewakilkan 10 orang untuk bisa hadir dengan 1 guru pendamping.

Para siswa itu berasal dari Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Tengah, Bunguran Selatan dan Bunguran Timur Laut.

“Saat ini kita baru mampu menghadirkan 10 sekolah saja di Bunguran. Kedepan kegiatan ini tentu bisa lebih banyak lagi tidak hanya di Bunguran. Tema kegiatan ini adalah ‘Dengan Proklamasi, Kita Tingkatkan Rasa Nasionalisme Generasi Bangsa di Perbatasan Natuna’,” terang Riky.

Menurut Riky, perkembangan dunia saat ini begitu pesat diiringi perkembangan teknologi informasi yang terus bergerak mempengaruhi pola pikir manusia bahkan gaya hidup dalam keseharian. Perkembangan ini juga sangat berpengaruh besar pada generasi muda.

Baca juga :  Melayu Harus Kuasai Media Massa

“Di era globalisasi kita dapat melihat peranan pemuda Indonesia dalam membangun bangsa dinilai sangat kurang. Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian para pemuda terhadap bangsa, dimana nilai dan rasa nasionalisme dikalangan generasi muda sudah mulai luntur,” terangnya.

Saat ini, akses untuk mendapatkan informasi hampir tidak ada halangan menyebabkan generasi muda bangsa kita mudah terpengaruh oleh informasi negatif yang bertentangan dengan budaya bangsa. Kondisi seperti ini tidak boleh kita biarkan. Sebab akan menggerogoti nasionalisme bangsa kita khususnya nasionalisme generasi muda Indonesia.

“Informasi negatif yang dapat mengganggu mental dan moril generasi muda sangat mudah diakses dan sangat berdampak buruk bagi perkembangan generasi muda. Oleh sebab itu kalangan muda berada pulau terdepan Indonesia di Natuna tergerak untuk memaknai semangat Indonesia kerja bersama tentang wawasan kebangsaan melihat perkembangan zaman sangat kompleks,” ujar Riky.

Baca juga :  Nyat Kadir Pulang Kampung “Dilambai” Kesedihan

Untuk pengisi materi, kata Riky, pihaknya menggandeng Kodim 0318, Lanal Ranai, Kesbangpolinmas dan Dinas Perbatasan Natuna. Pemahaman tentang wawasan kebangsaan diberikan dalam bentuk sosialisasi dan penyuluhan.

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan bagi-bagi buku tulis kepada para pelajar.

“Ini terinspirasi ketika bapak Presiden Jokowi selalu memberikan hadiah buku kepada para pelajar. Intinya ada makna dari balik pembagian buku dan sepeda yang dilakukan oleh presiden selama ini,” kata Riky.*