Sabtu, 29 Juli, 2017 8:48 am

Kepri Miniaturnya Indonesia, Melayu sebagai Budaya Leluhur

RiauKepri.com, BATAM — Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun mengajak para pelajar untuk terus mendapat pemahaman nasionalisme, wawasan kebangsaan dan Ke-Bhineka Tunggal Ika-an. Semua itu untuk lebih mempererat Persatuan dan Kesatuan serta Cinta kepada Tanah Air.
“Generasi muda harus memahami dan menjiwai pilar-pilar kebangsaan. Juga harus membentengi pengaruh buruk teknologi yang terus masuk,” kata Nurdin saat menghadiri Penutupan Program Siswa Mengenal Nusantara 2017 Kepulauan Riau dan Kalimantan Selatan di Aula Engku Hamidah lantai 4 Pemko Batam, Kota Batam, Sabtu (29/7).
Nurdin berterima kasih atas kunjungan dari siswa/siswi dalam Program Siswa Mengenal Nusantara yang telah mengelilingi Provinsi Kepri. Dengan demikian mereka bisa mengenalkan pariwisata dan potensi Kepri kepada masyarakat Indonesia.
“Kepri sebagai miniaturnya Indonesia memiliki berbagai macam ragam kebudayaan, akan tetapi budaya Melayu sebagai budaya leluhur ciri khas Kepri,” kata Nurdin.
Nurdin menyebutkan, beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Provinsi Kepri membuat suatu program Kemaritiman dengan melibatkan 300 siswa/siswi yang berlayar mengelilingi Provinsi Kepri dengan menggunakan Kapal Perang TNI AL. Dengan berkeliling mereka bisa mengenalkan kepada generasi muda bahwa Indonesia adalah negara Maritim. Kepada generasi muda, Nurdin juga berpesan tentang bahaya narkoba yang terus mengancam. Generasi mudah harus waspada dan menghindarinya.
Tampak hadir pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin, Direktur Utama PT. Timah Riza Pahlevi Tabrani, Direktur Utama PT. Persero Batam Teuku Afrizam, Direktur Utama BKI Imam Satria Utama.
Dirut PT Timah Riza Pahlevi menambahkan, selain pengenalan akan keberagaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia, program SMN juga sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang diraih siswa terbaik. Program SMN ini, kata Riza bertujuan untuk memberikan rasa bangga kepada generasi penerus yang ber Bhineka Tungga Ika serta bangga akan bangsa yang kaya dan juga memiliki keanekaragaman budaya.
“Tumbuhan rasa mencintai Tanah Air dan penghormatan kepada para leluhur yang telah melestarikan budaya sehingga manfaat yang positif bisa diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Riza.
Usai menghadiri penutupan SMN Gubernur Kepri menghadiri acara Kampanye Gizi Seimbang yang diadakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Batam bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Batam.
Pada kesempatan tersebut Gubernur juga langsung mempraktekkan bagaimana cara mencuci tangan yang baik agar terhindar dari kuman dan penyakit sebagai salah satu cara menuju Hidup Sehat. Kemudian Gubernur, Walikota Batam, Wakil Walikota Batam, Ketua TP PKK Kota Batam dan Narasumber dr. Rizal Al Idrus serta Undangan bersama-sama mengkampanyekan “Konsumsi Sayur dan Buah-buahan untuk Hidup Sehat”.(RK/Hms)
Baca juga :  Ini Bukti Kapolda Kepri Serius Tingkatkan Kompetensi Wartawan